Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaring Turis Australia dari Bali ke Yogyakarta

Kompas.com - 05/03/2014, 17:01 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Plt Kepala Dinas Pariwisata DIY Didik Purwadi mengatakan pihaknya akan mendorong pariwisata daerah ini lebih maju. "Saya optimistis bahwa peluang pariwisata DIY untuk menjadi destinasi unggul di tingkat nasional bahkan internasional masih menjanjikan," kata Didik di Yogyakarta, Selasa (4/3/2014).

Menurut Didik, kendala pemasaran pariwisata yang selama ini menjadi salah satu persoalan harus dibenahi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) maupun kelengkapan fasilitas pendukung lainnya.

"Saya berencana mendorong wisatawan Australia yang ada di Bali untuk bisa datang ke DIY. Tentu hal ini dibutuhkan kepintaran para pramuwisata sehingga bisa meyakinkan wisatawan Australia bahwa Yogyakarta nyaman dan aman dikunjungi," katanya.

Persoalan aspek psikologis wisatawan yang paling tahu di lapangan adalah para pramuwisata dan mereka sebenarnya ujung tombak pariwisata paling depan.

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab Danunagoro mengakui pelaku industri pariwisata termasuk pengelola hotel di daerah ini selama ini selalu agresif memasarkan pariwisata Yogyakarta di luar negeri.

"Yogyakarta masih prospek untuk wisata MICE (meeting, incentive, convention and exhibition). Saya optimistis pada 2014 wisata MICE DIY akan lebih ramai dibanding tahun sebelumnya," tambah Istijab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com