Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Edukasi, Melihat Jakarta Masa Depan

Kompas.com - 12/03/2014, 17:33 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

KOMPAS.com – Gedung-gedung berdiri megah di kawasan perkantoran. Di tempat lain, tertata rapi kawasan perumahan. Jalan raya terbentang tanpa ada kemacetan. Pepohonan tampak di segala sudut, menghijaukan pemandangan. Sungguh gambaran dari sebuah kota idaman. Ini lah Jakarta di masa depan.

Gambaran mengenai Jakarta di masa depan dapat dilihat di Jakarta City Planning Gallery (JCPG) yang berlokasi di Gedung Dinas Teknis, Jalan Abdul Muis, Jakarta. JCPG merupakan sebuah galeri yang berisi rencana pembangunan dan tata kota Jakarta dalam bentuk visual.

JCPG yang diresmikan pada 2010 ini bertujuan untuk mensosialisasikan rencana tata kota kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat bisa turut berpartisipasi dan lebih mencintai Jakarta. Maket dianggap sebagai media yang efektif untuk mensosialisasikan rencana ini.

Terdapat beberapa maket di dalam JCPG. Maket utama berukuran 6 x 10,8 meter. Maket ini lah yang menggambarkan wilayah Jakarta dari Utara, Barat, Pusat, Timur hingga Selatan meski baru mencakup 20 persen dari keseluruhan wilayah Jakarta.

NICKY AULIA WIDADIO/KOMPAS.COM Gambaran wilayah perkantoran di Jakarta City Planning Gallery.

Selain maket utama, terdapat pula beberapa maket kecil. Salah satu yang paling menarik adalah maket yang menggambarkan suasana Jakarta Utara. Pada maket, Jakarta Utara digambarkan sebagai kota Pantai. Kawasan Muara Angke dan Ancol tampak bagai pelabuhan di pinggir kota yang apik dan menarik.

Di sekeliling maket juga terpampang informasi dua dimensi mengenai Kota Jakarta. Foto-foto tata ruang Jakarta dari tahun 1965 hingga kini menghiasi dinding-dinding di JCPG. Buku-buku, monitor televisi, dan perangkat komputer juga siap memfasilitasi kebutuhan informasi pengunjung mengenai tata ruang Jakarta hingga pemanfaatannya.

JCPG buka setiap hari pada pukul 08.00–16.00 WIB. Untuk memasuki JCPG, pengunjung tidak akan dikenakan biaya sehingga sangat direkomendasikan untuk wisata edukasi. Di sini, Anda bisa melihat sebagian besar Jakarta sambil menambah wawasan mengenai tata ruang Jakarta dan membayangkan betapa cantiknya Jakarta di tahun 2030 nanti. Menarik, bukan?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com