Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret, Empat Kapal Pesiar Sandar di Surabaya

Kompas.com - 13/03/2014, 15:46 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Minat penumpang kapal pesiar untuk singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya semakin besar seiring kedatangan empat kapal pesiar yang dijadwalkan siap mengunjungi Kota Pahlawan selama bulan Maret 2014 guna melakukan perjalanan wisata.

Humas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Dhany R Agustian, menuturkan dari keempat kapal pesiar itu salah satu di antaranya MS Rotterdam telah sandar di Tanjung Perak pada Selasa (11/3/2014). "Rotterdam adalah kapal pesiar kedua yang telah singgah untuk bulan Maret 2014," katanya, di Surabaya, Rabu (13/3/2014).

Kunjungan selanjutnya, menurut Dhany, yakni kapal pesiar MS Seabourn Odyssey pada tanggal 17 Maret 2014 dan MS Rotterdam pada tanggal 25 Maret 2014.

Sementara itu, kapal pesiar berbendera Belanda yang sandar di Terminal Penumpang Sementara Pelabuhan Tanjung Perak, Selasa (11/3/2014) pada pukul 07.30 WIB dinakhodai Kapten Johannes Aart Mateboer.

"Kapal MS Rotterdam itu mengangkut sebanyak 1.258 orang penumpang dan 600 kru kapal," katanya.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Perak Surabaya, Toto Heli Yanto, mengemukakan, kapal MS Rotterdam memiliki panjang 238 meter dan berat 61.849 Gross Tonage/GT. Kedalaman kapal mencapai 8,20 meter.

"Kedatangan kapal itu merupakan suatu kehormatan bagi Jawa Timur dan warga Surabaya," katanya.

Apalagi, lanjut Toto, kunjungan kapal pesiar MS Rotterdam adalah yang kedua kalinya di Tanjung Perak. Tepatnya, pada tanggal 25 Februari 2014 juga singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kondisi tersebut menunjukkan bahwa Kota Surabaya mempunyai daya tarik bagi wisatawan mancanegara mengingat komitmen Pemerintah Kota Surabaya dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di daerah ini," katanya.

Mengenai rute perjalanan wisata penumpang MS Rotterdam yakni mengikuti "Surabaya City Tour" dengan menggunakan sejumlah bus yang telah disediakan oleh operator wisata. Mereka mengunjungi situs bersejarah Kerajaan Majapahit di Trowulan Mojokerto melalui pilihan program "Archeological Trowulan".

"Lalu, program Discovery Tour dengan mengunjungi Balai Kota Surabaya, Patung Djoko Dolog, Monumen Kapal Selam, Pasar Bunga Kayoon, dan Museum House of Sampoerna," tambah Toto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com