Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: Peran Pariwisata Semakin Penting

Kompas.com - 18/03/2014, 11:28 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan peran sektor pariwisata semakin penting sejalan dengan perkembangan struktur perekonomian Indonesia yang makin mengarah ke sektor jasa. "Peran sektor pariwisata ke depan akan semakin penting," kata Mari di Jakarta, Senin (17/3/2014).

Mari mengatakan selama ini pariwisata telah berhasil tampil sebagai salah satu sektor yang mampu memberikan sumbangan cukup besar dalam perekonomian nasional seperti penyerapan lapangan kerja, hingga pemasukan devisa.

"Meski secara langsung kontribusi pariwisata terhadap PDB tercatat sekitar 3 persen, namun secara tidak langsung melalui multiplier effect yang tinggi sektor ini telah memberikan kontribusi yang lebih tinggi terhadap pembentukan PDB yaitu sekitar 9 persen," katanya.

Kemenparekraf mencatat di bidang ketenagakerjaan sektor pariwisata menyerap tenaga kerja sebesar 10,18 juta orang pada tahun 2013 dibandingkan tahun 2012 sebanyak 9,41 juta orang. Sementara sebagai penghasil devisa sektor ini berada di posisi ke-4 dengan capaian 10 miliar dollar AS.

"Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa sektor pariwisata telah memainkan peranan penting dalam perekonomian Indonesia," tambah Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com