Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Fakta dan Mitos Berwisata dengan "Travel Agent"

Kompas.com - 24/03/2014, 08:07 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata menggunakan jasa travel agent atau biro perjalanan wisata kerap dianggap berbiaya lebih mahal dan dibatasi oleh jadwal yang ketat. Namun, anggapan tersebut bisa dibantah dalam diskusi bertema “Fakta dan Mitos Seputar Traveling dengan Travel Agent” di Jakarta, Kamis (20/3/2014) malam.

“Saat ini peminat kelompok tur sangat banyak sehingga biayanya bisa menjadi semakin murah. Selain itu, travel agent juga biasanya memiliki kerja sama dengan maskapai penerbangan terkait harga spesial,” ujar Chief Operating Officer PT Dwidaya Tour & Travel, Effendy Dharmawan, dalam diskusi tersebut.

Trinity, penulis buku "The Naked Traveler" membenarkan hal tersebut. Sama halnya juga dengan Kenny Santana, pemilik akun twitter bertema travel, @KartuPos. Mereka mengakui tidak selamanya berwisata menggunakan biro perjalanan wisata itu berbiaya lebih mahal.

“Contohnya ke Turki. Ada paket wisata dari travel agent yang menawarkan harga 899 dollar AS yang sudah termasuk tiket pesawat dan akomodasi selama di sana. Sementara kalau berangkat sendiri, tiket pesawatnya saja bisa 700 dolar AS,” ujar Kenny.

Menurut Trinity, jasa biro perjalanan wisata sangat berguna untuk mengunjungi destinasi-destinasi yang secara prosedural sulit dikunjungi. Misalnya, destinasi tertentu seperti Israel yang tidak bisa dikunjungi tanpa menggunakan jasa biro perjalanan wisata.

"Sementara destinasi seperti Rusia, mengurus visanya sulit dan membutuhkan usaha lebih untuk para traveler independen. Kalau menggunakan travel agent yang telah memiliki jaringan luas tentu prosesnya lebih mudah,” ujarnya.

KOMPAS/WISNU AJI DEWABRATA Komunitas reka ulang (reenactor) mengenakan seragam tentara AS dan Jerman lengkap dengan peralatan tempur bergaya di halaman museum.
Biro perjalanan wisata juga bisa menyesuaikan dengan keinginan para pelancong saat berwisata. Misalnya, dengan menawarkan paket wisata fleksibel.

“Para traveler bisa mengatur sendiri destinasi-destinasi tambahan yang ingin dikunjungi. Biayanya akan dikalkulasi oleh pihak travel agent,” kata Effendy.

Selain itu, Effendy menambahkan bahwa traveler bisa memilih jasa biro perjalanan wisata yang ingin digunakan. Seperti paket tur dan akomodasi tanpa tiket perjalanan atau tiket perjalanan dan akomodasi tanpa menggunakan paket tur di tempat tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com