Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Utara dan Lombok Selatan Berpotensi Jadi Ekowisata

Kompas.com - 26/03/2014, 18:37 WIB
Nicky Aulia Widadio

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus mengembangkan kawasan Bali bagian utara dan Lombok bagian selatan sebagai destinasi wisata. Hal ini didorong karena meningkatnya kunjungan wisata ke Bali dan Lombok.

"Kawasan Bali utara dan Lombok selatan sangat prospektif untuk dikembangkan menjadi kawasan eco tourism," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Menurut data statistik, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke Nusa Tenggara Barat meningkat tajam dari 887.000 jiwa pada 2011 menjadi 1,2 juta orang pada 2013. Namun, lanjut Mari, pariwisata di Bali misalnya, hingga saat ini masih terpusat di kawasan Bali bagian selatan.

Mari menambahkan, pengembangan kawasan Bali bagian utara maupun Lombok bagian selatan perlu didukung dengan adanya konektivitas yang baik. Selain melalui udara, juga perlu pembangunan konektivitas melalui jalur laut.

"Di Bali utara akan segera dibangun bandara, hanya tinggal menunggu kepastian lokasinya. Selain itu juga dikembangkan Pelabuhan Tanah Ampo dan Celukan sebagai cruiseship connectivity. Di Lombok, kawasan seperti Tanjung Ringgit dan Teluk Mekaki dihubungkan dengan ring road sehingga mudah diakses dari Bandara Internasional Lombok," papar Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com