Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Lokasi Berkreasi dengan Tanah Liat

Kompas.com - 29/03/2014, 19:06 WIB
KOMPAS.com - Liburan bersama si kecil bisa diisi dengan aktivitas membuat aneka kerajinan tangan. Salah satunya dengan berkreasi dengan tanah liat. Jika anak Anda sudah terbiasa bermain dengan lilin mainan, maka media tanah liat pasti akan ia sukai.

Di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa tempat yang menyediakan kursus kilat membuat kerajinan tanah liat. Kursus yang hanya berlangsung beberapa jam ini cocok untuk mengisi akhir pekan anak Anda. Berikut di antaranya.

Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta ini memberikan kelas kursus singkat mengolah tanah liat menjadi keramik.

Belajar membuat keramik ini diberi harga Rp 25.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tanah liat dan instruktur yang akan mengajarkan cara mengolah tanah liat.

Museum Layang-layang. Museum yang berada di ini berisi aneka koleksi layang-layang. Pengunjung bisa belajar membuat layang-layang sendiri. Pilihan lain, pengunjung juga bisa membuat prakarya dari tanah liat.

Aktivitas ini tentu akan disukai si kecil. Untuk mengikuti kelas membuat keramik ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 50.000. Selain membuat keramik, pengunjung juga bisa melukis di keramik.

Rumah Tanah Baru. Rumah Tanah Baru masih dalam satu kawasan dengan Rumah Keramik F. Widayanto. Tempat ini berada di Jalan Curug Agung Nomor 1, Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat. Di sini, anak-anak mulai dari usia 5 tahun bisa belajar membuat keramik dari tanah liat.

Mulai dari penggunaan cetakan atau bisa juga berkreasi dengan bantuan meja putar. Paket membuat keramik yang tersedia untuk anak-anak mulai dari Rp 125.000 sudah temasuk makan siang dan tur kebun.

Rumah Tanah Liat Citra. Berlokasi di Taman Makam Bahagia ABRI, Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Di tempat ini, anak-anak bisa belajar membuat keramik dengan berbagai cara. Seperti menggunakan meja putar, cetakan, maupun membentuk langsung dengan tangan.

Paket kursus kilat dengan tanah liat mulai dari Rp 80.000 per orang. Dalam paket sudah termasuk belajar dengan tanah liat, proses pembentukan didampingi instruktur, sampai pembakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com