Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tari Saman Memukau di Pembukaan Indonesia Auckland Festival

Kompas.com - 29/03/2014, 20:32 WIB
Nina Susilo

Penulis

Sumber KOMPAS

AUCKLAND, KOMPAS.com - Tarian Saman nan rancak memukau pengunjung pada pembukaan Indonesia Auckland Festival, Sabtu (29/3) di The Auckland Performance Art Center, Auckland, Selandia Baru. Pembukaan ini juga dimeriahkan penampilan ensembel angklung serta tari Merak.

Memungkasi acara pembukaan, sebuah tumpeng nasi kuning lengkap dengan lauk pauk disajikan dan bisa dicicipi para pengunjung. Acara ini dihadiri Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Jose Tavares, Presiden IndoNZ Marcel Kanon, serta empat orang Anggota Parlemen Selandia Baru- Rajen Prasad, Melissa Lee, Cam Calder, Tracy White.

"Mengenal dan menghargai perbedaan budaya negara lain sangat bermanfaat untuk menciptakan kehidupan penuh harmoni," kata Jose yang sekaligus memperkenalkan keragaman budaya dari lebih 300 suku bangsa di Indonesia.

Indonesia Auckland Festival dimulai 2010 dan dilangsungkan setiap tahun, kecuali 2012. Untuk festival yang keempat ini, lebih dari 100 warga dan mahasiswa Indonesia di Auckland berpartisipasi mempersiapkan serta memeriahkan acara ini.

Tarian Saman, misalnya, ditampilkan belasan mahasiswa dan warga Indonesia di Auckland. Kendati baru berlatih sebulan, kekompakan gerakan para penari mengundang decak kagum. Demikian pula penampilan ensembel angklung yang memainkan lagu "Dari Sabang sampai Merauke" dan lagu kebangsaan Selandia Baru "God Defends New Zealand".

Dalam festival sehari ini, diselenggarakan pula workshop membatik, workshop wayang, pemutaran film Indonesia, pameran kerajinan Indonesia, serta pengenalan hidangan khas Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KOMPAS
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com