Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Garuda ke Pinangsori Gairahkan Pariwisata Tapteng

Kompas.com - 08/04/2014, 18:07 WIB
PANDAN, KOMPAS.com - Pembukaan rute penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta tujuan Bandara FL Tobing Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berpotensi meningkatkan industri pariwisata di kawasan Pantai Barat Sumut.

"Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute baru Jakarta-Pinangsori 28 April 2014 dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier," ujar Kabag Humas Pemkab Tapteng, Iwan Sinaga di Pandan, Minggu (6/4/2014).

Akses penerbangan itu dipastikan mampu memacu perkembangan industri pariwisata di Tapteng, sehingga akan memberikan dampak kemajuan positif, sekaligus diharapkan dapat menghasilkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Secara otomatis, lanjut Juru bicara Pemkab Tapteng itu, kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut akan membuka peluang bagi pengembangan ekonomi daerah, khususnya para pelaku usaha kecil menengah yang terlibat secara langsung dalam mendukung wisata setempat.

Apalagi, posisi geografis daerah Tapteng sangat strategis dalam menjangkau seluruh daerah kawasan pantai Barat, seperti kota Sidimpuan, Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Paluta, Tobasa, Tapanuli Utara, bahkan perbatasan daerah Aceh.

Menurut Iwan, kehadiran maskapai penerbangan Garuda yang dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir bulan ini akan mempercepat perputaran sektor perekonomian Tapteng, sebab jarak dan transportasi akan memberi kemudahan dan tidak lagi menjadi penghalang.

Kepastian jadwal penerbangan itu, lanjut Iwan, disampaikan langsung Senior Manager Hub Medan Ilaluddin Harahap didampingi Senior Manager HR & General Affairs Region 1 Sumut La Padmanaba Agus D, di PIA Hotel Pandan pada 3 April 2014.

Keunikan pantai pesisir Barat yang mempunyai wisata religi khusus, seperti Barus sebagai salah satu pintu masuk ajaran Agama Islam dan awal Nommensen membawa pengembangan Kristen di kawasan Tapanuli itu menjadi daya tarik tersendiri. "Rata-rata kunjungan wisatawan domestik ke Tapteng berkisar 12 hingga 14 ribu orang per bulan," tambah Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com