Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Kasada, Tengger Punya Ritual Tirto Aji

Kompas.com - 09/04/2014, 08:38 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Tengger terkenal dengan ritual budayanya yaitu Upacara Kasada yang bertempat di Gunung Bromo, Jawa Timur. Setiap perayaan Kasada, wisatawan mancanegara maupun domestik datang ke Gunung Bromo demi melihat Upacara Kasada.

Ternyata Suku Tengger juga melakukan ritual lain yang juga tak kalah menariknya. Sisi lain budaya yang belum banyak terekspos dari segi spritual masyarakat Tengger yaitu Tirto Aji Mendak Tirta.

"Ini adalah upacara pengambilan air suci," kata Kasubdit Promosi Tujuan Wisata Wilayah IV Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Putu Gayatri, di Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Upacara ini berlangsung di Sendang Suci, Wendit, Kabupaten Malang. Masyarakat Tengger mengambil air suci ke sumber mata air. Tahun ini, upacara akan berlangsung pada 8 Mei 2014.

Wisatawan yang datang untuk melihat ritual ini juga bisa menyaksikan aneka acara kesenian dan wisata seperti pawai budaya dan atraksi budaya. Ada pula pameran sajian masakan tradisional khas Suku Tengger. Misalnya nasi gerit berbahan dasar jagung putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com