Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membelah Ombak Selat Lombok Menuju Trawangan

Kompas.com - 24/04/2014, 15:33 WIB
PULAU Bali dan Pulau Lombok memang bertetangga. Hanya beda provinsi. Kalau Bali lebih dulu dikenal turis dalam dan luar negeri, nama Lombok kini mulai menarik perhatian para wisatawan. Gili Trawangan di Pulau Lombok saat ini lagi naik daun bersama Gili Air dan Gili Meno. Kini wisatawan semakin ramai berkunjung ke tiga gili (pulau) yang masuk dalam Kabupaten Lombok Utara itu.

Ada dua pilihan menuju gili eksotis tersebut yakni melalui jalur udara atau laut. Kalau menggunakan pesawat, wisatawan bisa terbang dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar. Butuh waktu sekitar 3 jam melanjutkan perjalanan dari Bandara Internasional Lombok menuju Gili Trawangan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal Marina Srikandi 11 menurunkan wisatawan di Pelabuhan Padangbai, Bali, Jumat (18/4/2014).
Sekarang ini, jalur laut dari Bali menuju Trawangan atau destinasi wisata di Lombok seperti Senggigi semakin digandrungi para pelancong domestik dan luar negeri.

Pelabuhan Padangbai di Kabupaten Karangasem, Bali, menyediakan kapal cepat atau fast boat bagi wisatawan yang berniat langsung menuju Trawangan. Di Padangbai juga tersedia kapal cepat menuju Nusa Lembongan atau Nusa Penida.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal Marina Srikandi 11 melaju meninggalkan Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Rabu (16/4/2014).
Kapal Marina Srikandi 11 adalah salah satu kapal cepat yang melayani wisatawan menuju Trawangan atau pantai Senggigi di Lombok. Setiap hari, apalagi akhir pekan, pelabuhan Padangbai dipastikan selalu penuh wisatawan yang hendak menyeberang ke Gili Trawangan atau Senggigi.

Marina Srikandi 11 dengan panjang 21,84 meter tergolong nyaman, ber-AC dan dilengkapi toilet yang bersih. Layaknya melayani kepentingan turis, kenyamanan dan keselamatan menjadi faktor utama. Di dinding kapal terpasang dua buah televisi ukuran 32 inchi yang menampilkan posisi kapal dan lokasi yang hendak dituju.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Kapal Marina Srikandi 11 dalam perjalanan dari Pelabuhan Padangbai (Bali) menuju Gili Trawangan (Lombok), Rabu (16/4/2014).
Saat matahari menyengat kulit, bunyi sirene kapal melengking, sebagai isyarat kapal segera berangkat meninggalkan Pelabuhan Padangbai. Sembilan mesin Suzuki 300 HP berderu dan memutar baling-baling mendorong kapal menjauhi Padangbai.

Wisatawan yang senang berjemur memilih naik ke lantai atas untuk "mandi" matahari atau menyaksikan panorama sekitar pelabuhan Padangbai yang juga merupakan pelabuhan feri yang melayani penyeberangan dari Bali ke Pelabuhan lembar di Pulau Lombok.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Penumpang Marina Srikandi 11 dalam perjalanan menuju Gili Trawangan (Lombok), Rabu (16/4/2014).
Sembilan mesin itu bekerja sempurna. Marina Srikandi 11 membelah ombak dengan cepat meninggalkan Pulau Bali. Jika gelombang tenang-tenang saja alias normal, perjalanan ke Trawangan akan mengasyikkan. Kapal akan menyusuri pantai Karangasem sebelum akhirnya berbelok ke timur dan langsung lurus menuju Lombok. Namun jika gelombang tidak bersahabat, maka siap-siaplah mabuk laut.

Sebelum sampai Trawangan, Marina Srikandi 11 mampir di Teluk Nara, sebuah pelabuhan khusus bagi kapal cepat di Pulau Lombok. Dari Padangbai hingga merapat di Teluk Nara, Marina Srikandi 11 memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Bandingkan jika Anda menggunakan feri dari Padangbai menuju Pelabuhan Lembar (Lombok) menghabiskan waktu (normal) sekitar 4 jam. Belum lagi lewat darat menuju Trawangan.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal Marina Srikandi 11 merapat di Teluk Nara, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Rabu (16/4/2014).
Setelah menurunkan penumpang sekitar 10-15 menit, Marina Srikandi 11 melanjutkan rutenya menuju Gili Trawangan dalam waktu 10 menit. Padahal, kalau wisatawan menggunakan kapal berisi 10-15 penumpang akan memakan waktu sekitar 45 menit.

Semakin cepat sampai tujuan, harga pun semakin meningkat. Dengan tarif Rp 400.000 menggunakan Marina Srikandi 11 sekali jalan (Padangbai-Trawangan), wisatawan akan mendapatkan alternatif transportasi menuju gili. Berdasarkan Traveler's Choice Award versi situs perjalanan Tripadvisor, Gili Trawangan masuk dalam 10 pulau teratas di Asia yang dikunjungi wisatawan. Pantaslah jika turis banyak datang ke Trawangan...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com