Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasikmalaya Fokus Menata Obyek Wisata

Kompas.com - 28/04/2014, 16:21 WIB
TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat saat ini fokus menata kawasan obyek wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata meningkat tahun 2014.

"Pemkab Tasikmalaya sedang fokus menata sejumlah tempat wisata, seperti memelihara, meningkatkan fasilitas pariwisata agar lebih banyak masyarakat yang datang," kata Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum saat gelar budaya "Ngalokat Cai" Situ Sanghiang, Minggu (27/4/2014).

Ia menuturkan PAD sektor pariwisata tahun 2014 ditargetkan sebesar Rp 2 miliar atau meningkat dari target tahun sebelumnya Rp 1,2 miliar.

Menurut bupati, target itu akan terwujud dengan ditunjang berbagai fasilitas dan akses jalan yang memadai menuju objek wisata. "Kita sangat butuh PAD tapi dengan tidak menaikan retribusi pariwisata. Target 2014 dinilai logis dengan fasilitas penunjang yang terus dibangun," katanya.

Bupati Tasikmalaya menyebutkan salah satu kawasan wisata yang fokus dalam penataan yakni wisata danau Situ Sanghiang, Desa Cibalanarik, Kecamatan Tanjungjaya.

BARRY KUSUMA Kampung Naga di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.
Wisata tersebut, kata Uu, akan ditambah berbagai fasilitas penunjang juga infrastruktur jalan yang memadai. "Rencananya tahun ini telah dianggarkan peningkatan kualitas jalan," katanya.

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Situ Sanghiang, Asjam Noor mengatakan masyarakat sekitar terus berusaha menjaga dan mengelola obyek wisata Situ Sanghiang agar tetap asri dan banyak dikunjungi wisatawan.

Namun berbagai upaya yang dilakukan masyarakat tidak akan maksimal tanpa didukung pemerintah daerah seperti memperbaiki akses jalan menuju wisata Situ Sanghiang. "Akses jalan rusak harus diperbaiki, karena sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan," kata Asjam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com