Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nostalgia "Pasar Gambir" di Jakarta Fashion & Food Festival 2014

Kompas.com - 30/04/2014, 11:51 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun kesebelasnya, Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) diharapkan lebih matang dan meriah. Salah satu dari rangkaian acaranya adalah food festival Kampoeng Tempo Doeloe atau yang biasa disebut KTD yang mengusung konsep baru dan inovatif.

“Para penikmat kuliner kita ajak mencicipi segala kuliner dengan tema Pasar Gambir, banyak makanan aneh-aneh yang bisa dicicip,” ujar Chairman JFFF Soegianto Nagaria, saat preview event JFFF, Selasa (29/04/2014).

Pada dasarnya Pasar Gambir adalah pasar malam yang diadakan pertama kali pada tahun 1898 untuk memperingati hari ulang tahun Ratu Wilhelmina, ratu Belanda. Pasar pada zaman kolonial tersebut memang terkenal dengan ramainya berbagai tontonan, anjungan pameran, rumah-rumah makan dan para pedagang kaki lima yang menjajakan segala macam makanan sehingga ramai diminati pada masanya. Awalnya makanan khas Pasar Gambir adalah kerak telor.

Konsep tersebut, kembali direpresentasikan lewat pagelaran food festival di JFFF. Pengunjung diajak bernostalgia dengan segala makanan tersebut. Dalam preview event yang diselenggarakan di Balai Agung, Balai Kota, beberapa makanan representatif disajikan. Diantaranya Lontong Kikil, Serabi Notosuman, Sate Padang Ajo Ramon, Es Potong Jodoh, Es Duren Iko Gantinyo, Lumpia Sulawesi serta Tahu Petis Yudhistira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com