Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palembang Jadikan Pasar Sekanak sebagai Obyek Wisata

Kompas.com - 06/05/2014, 13:12 WIB
PALEMBANG, KOMPAS.com - Pemkot Palembang akan "menyulap" Pasar Sekanak menjadi obyek wisata baru di tepian Sungai Musi sebagai daya tarik wisatawan berkunjung ke Kota Pempek.

Kepala Dinas Tata Kota Palembang, Isnaini Madani, Senin (5/5/2014) mengatakan telah menyiapkan rencana strategis untuk revitalisasi kawasan tepian Sungai Musi khususnya di Pasar 16 Ilir, Plaza sampai ke Pasar Sekanak.

"Khusus Pasar Sekanak akan direnovasi sehingga menjadi obyek wisata yang menawarkan berbagai produk khas Palembang mulai dari makanan sampai dengan cenderamata tradisional," katanya.

Ia menjelaskan, konsep pasar tersebut akan menjadi semi modern atau kombinasi pasar modern dan tradisonal. Dengan penataan yang menarik dan fasilitas pendukung memadai menjadi obyek wisata andalan tepian Sungai Musi.

Menurut Isnaeni, Pasar Sekanak dinilai sangat strategis untuk menjadi obyek wisata andalan yang khas meskipun kini kondisinya kumuh tanpa penataan baik. "Bukan hanya lokasi yang berada di tengah kota tetapi masih berdiri kokohnya bangunan-bangunan tempo dulu membuat kawasan itu akan sangat menarik," ujar Isnaeni.

Dinas Tata Kota Palembang menyiapkan sekitar 30 unit kios yang akan menjadi lokasi tempat bertemu pembeli dan penjual di area tersebut. Fasilitas pendukung lainnya, restoran di tepi sungai juga akan dioptimalkan sehingga menambah daya tarik obyek wisata itu.

Isnaini menambahkan, di pasar tersebut juga akan disiapkan area pementasan seni dan budaya yang secara rutin digelar berbagai penampilan baik tarian maupun teater.

Guna mewujudkan obyek wisata tersebut dibutuhkan sedikitnya investasi sekitar Rp 50 miliar yang ditargetkan berasal dari investasi pengusaha lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com