Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan, Citilink Berharap Lonjakan Penumpang

Kompas.com - 07/05/2014, 10:39 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang musim liburan sekolah dan hari Raya Idul Fitri menjadi angin segar bagi bisnis penerbangan. Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia langsung menargetkan bisa meraup kenaikan jumlah penumpang dibandingkan hari biasanya.

Arif Wibowo, Direktur Utama PT Citilink Indonesia menyakini kali ini maskapainya bisa mencatatkan perolehan yang lebih tinggi dibandingkan saat Lebaran tahun lalu. "Tahun lalu kenaikannya hanya 10 persen, tapi tahun ini nampaknya akan lebih tinggi bisa mencapai 15 persen,” kata Arif kepada Kontan, Selasa (6/5/2014).

Ia memperkirakan kenaikan jumlah penumpang akan terjadi akhir Juli nanti atau menjelang hari Raya Idul Fitri. Soalnya, jarak antara libur sekolah dan Lebaran yang berdekatan akan membuat masyarakat memfokuskan rencana kepergian menjelang Lebaran. Sedangkan pada musim liburan sekolah diperkirakan akan mengalami penurunan karena bertepatan dengan awal puasa.

Guna menantisipasi peningkatan tersebut, anak usaha Garuda Indonesia ini sudah menyiapkan penerbangan tambahan. Rencananya pada akhir bulan Juni ini, perusahaan ini akan mendapatkan satu pesawat baru untuk dioperasikan pada Lebaran nanti. Pesawat baru ini akan digunakan untuk menambah frekuensi penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. "Antara Yogyakarta dan Semarang. Kami tambah rute yang pasti dulu saja," imbuhnya.

Arif optimistis kenaikan penjualan saat Lebaran nanti bisa membantu menggenjot pendapatan perusahaan pada kuartal II nanti. Sayangnya ia masih merahasiakan berapa angka yang dibidiknya pada pertengahan tahun nanti. Yang jelas bisa lebih tinggi ketimbang kuartal I-2014.bSepanjang kuartal I 2014, Citilink berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 35,3 persen dari tahun 2013 yaitu dari 53,1 juta dollar AS menjadi 71,9 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com