Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Perbaiki Infrastruktur Obyek Wisata

Kompas.com - 22/05/2014, 12:17 WIB
GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus memperbaiki infrastruktur obyek wisata seiring semakin menggeliatnya kunjungan wisata ke wilayah itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul, Sujarwo di Gunungkidul, Rabu (21/5/2014) mengatakan pihaknya terus melakukan pembebasan lahan, memperbaiki fasilitas kantung-kantung parkir di seluruh obyek wisata dan desa wisata.

"Perbaikan infrastruktur obyek wisata mulai dari pelebaran jalan hingga lahan parkir terus dikerjakan berdasarkan kemampuan keuangan daerah," katanya.

Menurut Sujarwo, pihaknya telah menyusun rencana detail teknis sebagai acuan dalam pelaksanaan perbaikan infrastruktur obyek wisata. "Kita ketahui, kemampuan keuangan daerah sangat sedikit. Pelaksanaan dilakukan bertahap. Kami sudah mengajukan permohonan kepada Pemda DIY soal perbaikan infrastruktur jalan, dan sekarang jalan jalur lintas selatan sepanjang pantai telah dikebut pengerjaannya," katanya.

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO Wisatawan menggunakan ban sebagai pelampung menyusuri Gua Pindul, sebuah gua sepanjang 300 meter dengan sungai yang mengalir di dalamnya, sebagai bagian dari wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (22/11/2012). Wisata yang mulai beroperasi sejak tahun 2010 ini berhasil menggerakkan ekonomi warga setempat dari mata pencaharian semula sebagai petani ke bidang jasa.
Pada 2014 ini, lanjut Sujarwo, pihaknya memfokuskan pengerjaan lapangan parkir di Pantai Kukup, dan fasilitas pendukung di Pantai Krakal, Sundak, dan Desa Wisata Kalisuci.

"Pengerjaan infrastruktur parkir dan fasilitas pendukung ditargetkan selesai sebelum lebaran. Sehingga, saat libur lebaran sudah dapat dimanfaatkan," katanya.

Objek wisata andalan Gunungkidul yakni Pantai Baron, Krakal, Kukup, Pulang Sawal, Sundak. Sedangkan desa wisata andalan yakni Gunung Api Nglanggeran, Goa Pindul, Kali Suci, dan Sri Getuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com