Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ikuti Jelajah Sejarah Depok

Kompas.com - 31/05/2014, 13:13 WIB
KOMPAS.com - Akhir pekan ke mana? Jika Anda belum ada rencana, coba ikuti acara jelajah sejarah depok. Acara bertajuk "Jelajah Depok: Dulu dan Kini" tersebut akan berlangsung pada Sabtu, 7 Juni 2014.

Depok yang terletak di tengah-tengah perjalanan antara Jakarta dan Bogor ternyata menyimpan sejarah masa lalunya yang belum banyak disadari atau diketahui. Letak Depok yang stategis dengan dihubungkan oleh jalur kereta api Jabodetabek dan lalu-lintas jalan raya seolah mempertegas posisi penting Depok sejak masa lalu hingga kini.

"Banyak orang yang tidak tahu sejarah Depok. Seperti misalnya, apa sih makanan khas Depok. Ternyata kalau dari sejarahnya, rambutan dan kelapa," tutur Adjie Hadipriawan dari Komunitas Love Our Heritage kepada Kompas Travel.

Ada sejumlah pertanyaan tentang Depok semisal, “Dari mana asal kata Depok?”, “Ada apa di Depok?”, “Kenapa disebut Pondok Cina?” dan lain-lain. Semua akan terjawab melalui wisata sejarah ini.

Peserta akan diajak mengunjungi situs-situs bersejarah di Depok. Sebut saja seperti Rumah Tua Pondok Cina, Rumah Cimanggis, Rumah Presiden Depok, Rumah Sakit Harapan Depok (ex Gemeente Bestuur ), De Eerste Kerk (Gereja GPIB Immanuel), Gedung Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein, Jembatan Panus, Kerkhof (Makam 12 Kaum Keluarga Masyarakat Depok), dan Voetbal Veld.

Selain itu, peserta dapat berinteraksi dengan para pelaku sejarah Depok yaitu para keturunan langsung marga-marga Depok yang menjadi ahli waris Cornelis Chastelein. Siapak Cornelis Chastelein? Anda bisa mengetahui lebih mendalam jika mengikuti tur ini.

Tur ini terbatas hanya untuk 50 orang dengan harga tur Rp 165.000. Biaya tersebut sudah termasuk pemandu tur, camilan pagi, air mineral, bus selama tur, makan siang, camilan sore hari oleh Hotel Santika Depok, dan kuis berhadiah.

Acara ini diselenggarakan oleh Komunitas Love Our Heritage didukung pula oleh Hotel Santika Depok. Khusus untuk peserta "Jelajah Depok: Dulu dan Kini", di akhir perjalanan, peserta akan mampir di Hotel Santika Depok untuk menikmati aneka hidangan di Angkringan Santika secara gratis. Angkringan Santika berada di lobi lantai satu.

Tak hanya itu, peserta juga bisa mendapatkan diskon sebesar 46 persen dari Publish Rate untuk check in tanggal 7 Juni 2014 dan check out tanggal 8 Juni 2014. Ada pula tarif khusus untuk paket In-room Camping.

"Untuk rate  In-room Camping adalah Rp 950.000 nett per malam di Deluxe Room, Rp 1.200.000 nett di Executive Room dan Rp 1.500.000 nett di Junior Suites Room," ungkap GM Secretary Marcia Sabrina Muskita.

Paket In-room camping ini tersedia dalam jumlah terbatas. Serta maksimum satu tenda untuk satu kamar dan dapat digunakan untuk maksimum 2 anak per tenda.

Jika Anda berminat mengikuti kegiatan ini dapat menghubungi Ferry Guntoro di nomor 083896227272 untuk informasi dan pendaftaran. Mau menjadi peserta jelajah secara gratis? Ikuti kuisnya di twitter @KompasTravel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com