Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belitong Biru dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kompas.com - 07/06/2014, 08:44 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

BELITUNG, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Belitung menyelenggarakan festival kelautan dengan tajuk Belitong Biru yang telah dimulai sejak Kamis (5/6/2014) hingga Sabtu (7/6/2014).

Acara yang terselenggara atas dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta PB POSSI ini bertempat di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Tujuannya ialah meningkatkan potensi blue economy melalui wisata bahari.

"Seperti diketahui, saat ini pantai-pantai di Belitung menjadi primadona, ke depannya kita harap destinasi wisata di Belitung tak hanya pantai saja karena banyak potensi lain yang bisa dieksplor di sini," ungkap Amin Nurachman, Ketua POSSI Kabupaten Belitung sekaligus Ketua acara Belitong Biru.

Peresmian acara ditandai dengan pelepasan tukik di Pantai Tanjung Kelayang. Sedang acara utama diselenggarakan mulai Jumat (6/6/2014) yaitu penanaman mangrove di Pulau Kepayang dengan peserta dari beberapa sekolah di Belitung dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang yang melibatkan para penyelam dari dalam dan luar negeri.

Puncak acaranya adalah pemecahan rekor dunia yaitu pameran foto bawah laut di kapal karam di hari terakhir, Sabtu (7/6/2014) yang berlokasi di laut sekitar Pulau "Mercusuar” Lengkuas yang dikenal sebagai salah satu ikon BelitungMelalui pemecahan rekor dunia ini diharapkan  spot-spot diving  yang tersebar di seluruh Bangka Belitung dapat lebih dikenal masyarakat dalam dan luar negeri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com