Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamuan Makan Malam dari Yoshi Izakaya

Kompas.com - 12/06/2014, 08:16 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Tomoaki Ito, Chef dari Yoshi Izakaya, sebuah restoran di Gran Melia Hotel tampak sedikit gugup. Selasa (10/6/2014) malam,  dia berdiri tepat di hadapan berpuluh anggota Chaine Des Rotisseurs, sebuah asosiasi gastronomi internasional yang bermarkas di Paris dan diikuti oleh lebih dari 25.000 anggota yang menyebar dari seluruh negara dalam acara The Early Summer Dinner Amicale yang diselenggarakan di Jakarta.

Pancaran kebahagiaan, nyata sekali di mata Tomoaki Ito malam itu yang dapat menyajikan dan mempersiapkan makan malam ala fine dining  dengan menu set yang terdiri dari tujuh set lengkap mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup untuk orang-orang yang tergabung di sana.

Seperti diketahui sushi dan sashimi yang menjadi menu andalan mereka turut berkali-kali dihadirkan dalam jamuan resmi ini.

Satu per satu hidangan disajikan. Menu pembuka, tentu saja beberapa sushi yang dilengkapi daging tuna, belut, omlet serta dilengkapi dengan tofu salad yang lembut ketika dicicipi.

Lalu, masih sebagai pembuka, Suishodari Somen Soup dhadirkan. Cukup unik. Sup ini berisi satu gumpalan adonan daging ikan dengan kacang kedelai bulat-bulat di dalamnya.

Hidangan selanjutnya ialah disjikan dalam keranjang bamboo yang berisikan beberapa snack ringan.

Setelahnya, jamuan dilanjutkan dengan menikmati Lemon sorbet dan wine. Jeda beberapa saat lalu tersajilah hidangan utama.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Tomoaki Ito, Executive Chef Yoshi Izakaya bersama anggota Chaine Des Rottisseurs

Untuk menu hidangan utama, tersajilah Teppanyaki “Koku Sangyu” Japanese Beef Steak, Gindara Pon-zu Mushi yaitu daging ikan gindara kukus, ditambah Scallops yang sangat lembut dan lezat disajikan dengan tambahan nori di bagian atasnya.

Menu selanjutnya ialah dessert  segar yaitu cocktail, es krim kacang merah dan juga mousse dengan rasa teh hijau lalu terakhir terdapat cokelat praline yang diletakkan dalam piring cantik dengan hiasan permen berwarna.

Sambil menikmati jamuan yang disediakan, tamu diiringi dengan nyanyian khas Negeri Sakura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com