Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Emosi di Madame Tussauds

Kompas.com - 12/06/2014, 11:14 WIB
Who do you want to meet?

SLOGAN dari Museum Madame Tussaud itu, adalah slogan percaya diri, seolah lantang menerangkan tidak ada replika figur populer yang tidak ada di dalamnya. Kata-kata itu sekaligus juga lantang menantang Anda, atau siapa pun pengunjungnya, seberapa gila reaksi yang akan ditunjukkan saat bertemu dengan figur idaman?

Museum Madame Tussauds terkenal di seluruh dunia, dengan koleksi patung lilin yang menampilkan figur populer dari berbagai kalangan, mulai negarawan, keluarga kerajaan, atlet, musisi, hingga bintang film. Berdiri pertama kali di London, Inggris, tahun 1800-an, kini museum itu tersebar di 12 lokasi lain di Amerika, Eropa, dan Asia. Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand, yang dikunjungi Kompas beberapa waktu lalu adalah museum ke-10, dan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

Museum ini tampil sangat modern, berada di lantai 6 di sebuah gedung megah Siam Discovery di kompleks pertokoan di Pathumwan, Bangkok.

Museum Madame Tussauds tak ubahnya sebuah gedung jumpa fans dengan banyak tokoh. Melihat tokoh yang dikagumi, aksi foto selfie pun dimulai. Oleh karena figur idaman cuma patung, kebebasan bergaya benar-benar di tangan Anda. Silakan memegang tangan, memeluk, menyentuh, hingga berpura-pura mencium sang idola.

Di museum ini, aksi untuk berfoto pun difasilitasi. Jika ingin berfoto bersama Ratu Elizabeth dari Kerajaan Inggris, misalnya, pengelola museum menyediakan tempat untuk berpose berupa sebuah kursi megah, mirip kursi di singgasana kerajaan, di sebelah Sang Ratu. Untuk lebih menguatkan suasana kerajaan, pengunjung bisa melengkapi penampilannya dengan jubah, mahkota dan tongkat raja atau ratu.

Di samping patung Adele, disediakan mike khusus. Siapa saja bisa bergaya seolah-olah tengah berduet dengan penyanyi itu. Untuk figur Oprah Winfrey, disediakan tempat khusus, setting seperti acara talk show di televisi.

Museum Madame Tussauds di Bangkok memiliki sekitar 100 koleksi patung lilin dan 10 patung di antaranya menampilkan figur terkenal dari Thailand. Dua di antaranya keluarga Kerajaan Thailand, pasangan Pangeran Mahitala, Thibed Adulyadej Vikrom Phra Baroma Rajanoknok dan HRH Putri Srinagarindra.

Selain itu, ada banyak figur pemimpin negara berdiri dengan gayanya masing-masing. Mereka antara lain Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno.

Di bagian olahraga, antara lain ada figur pemain golf Tiger Woods dan pemain Manchester United (MU), Wayne Rooney. Yang ingin foto bersama ”Rooney” bisa mengenakan jersey MU yang disediakan.

Di bagian terakhir, yang diberi judul Celebrity Party atau pesta selebritas, menjadi bagian paling seru. Banyak terdengar suara pengunjung memekik girang, menjerit perlahan, melihat artis idolanya. Di bagian ini, figur yang tampil antara lain Will Smith, Julia Roberts, Beyonce, George Clooney, hingga pasangan Angelina Jolie-Brad Pitt.

Namun, di setiap tempat yang disediakan, tidak semuanya terisi figur sesuai dengan papan nama yang ditempel di dinding. Saat berkunjung ke sana, terlihat salah satu tempat yang kosong adalah tempat untuk Bruce Lee. Di area yang disediakan untuk aktor film kungfu ini, cuma terlihat tiruan blok beton yang patah seperti baru saja terkena gebrakan dari kungfu Sang bintang.

MADAME TUSSAUDS BANGKOK Patung lilin Soekarno saat diresmikan di Museum Madame Tussauds Bangkok, Thailand, Senin (24/9/2012).
Saran Yu (21), pegawai Museum Madame Tussauds, mengatakan, patung Bruce Lee saat ini tengah ”dipinjam” Museum Madame Tussauds di lokasi lain. ”Terkadang, agar sedikit terlihat berbeda, sebagian koleksi patung di sini ditukar dengan figur yang ada di museum Madame Tussauds yang lain,” ujarnya.

Emosi pengunjung

Di Bangkok, sebagian patung yang merupakan figur populer setempat, dibuat di Thailand, dan sebagian besar figur dari luar negeri, terutama kalangan selebritas dibuat di Paris, Perancis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com