Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekicot Bawang Putih, Makanan Favorit dari Perancis

Kompas.com - 13/06/2014, 08:34 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu sebenarnya konsep bistro berbeda dengan konsep restoran. Pada dasarnya bistro lebih menyerupai sebuah kedai makan, sedang restoran adalah tempat makan yang lebih berkonsep resmi seperti fine dining.

Konsep bistro berasal dari Perancis. Salah satu tempat yang mengusung konsep bistro berada di kawasan Fatmawati yaitu Coquelicot Le Bistro. Kedai makan ini menghidangkan menu-menu autentik Perancis.

Coquelicot Le Bistro dari depan tampak seperti sebuah rumah. Ternyata, memang itu konsep yang ingin diangkat. Pengunjung yang datang selayaknya mengunjungi rumah kerabat ataupun teman dekat.

Masuk ke dalam, mata akan segera diakrabkan dengan interior rumahan klasik ala Perancis. Salah satu pemilik, Radian Rahmananta menyebut bistro ini sebagai homemade French Bistro. Di dalam, suasana Perancis memang kental. Ruangan terbagi tiga, sesuai dengan tiga warna dinding yang dibagi.

Ruang pertama adalah ruangan di depan pintu masuk, dindingnya berwarna merah, lalu di ruang tengah berwarna ungu, dan ruang ketiga yang lebih cerah dengan sentuhan dinding berwarna kuning. Tiap ruangan, dekorasinya pun berbeda.

Bila di kedua ruang pertama tadi, didominasi poster Art Noveau, ruang ketiga lebih mirip seperti ruang tamu yang dihiasi sebuah lemari tua dengan radio usang serta tempat perapian di tengah ruangan. Di pojok ruangan terdapat banyak bingkai foto yang menggambarkan suasana Perancis.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Coquelicot Le Bistro, bistro sederhana di Fatmawati

Suasana interior bistro ini termasuk unik, karena perabotan yang dipakai memang sengaja diangkut dari rumah sang pemilik bistro. Oleh karena itu, tak heran masih ada beberapa barang yang tampak tak memiliki pasangan.

Menu Coquelicot Le Bistro

Sejalan dengan konsep yang diusung, maka menu makanan yang disajikan di Coquelicot pun sebagian besar merupakan menu Perancis rumahan. Menu makanan sehari-hari dari Perancis  diadopsi di bistro ini.

Beberapa menu yang wajib coba ialah Escargots dan juga Crepe dan Gallete. Dalam sajian Escargots, bekicot diberi bumbu dari bawang putih, margarin dan juga rosemary. Aroma dan rasanya pun begitu kuat, hingga mampu memancing selera makan. Tekstur kenyal bekicot, gurihnya bumbu, dan tambahan cacahan bawang putih menciptakan rasa pedas bawang putih yang khas namun lumer di lidah.

Sedangkan Crepe dan Gallete sebenarnya adalah santapan sehari-hari Perancis. Biasanya, orang Perancis menikmati sajian ini untuk sarapan. MenuCrepe Perancis sebenarnya sangat berbeda dengan crepe yang sudah diadaptasi d Indonesia. Crepe dari negara asalnya tidak berkulit garing, kecuali tepinya. Sedang bagian tengah, cenderung basah.

Berbicara soal menu, Escargots di sini memang masih menjadi buruan para pelanggan. Maklum Escargots memang selalu menjadi makanan favorit di tempat makan yang menawarkan menu-menu Perancis.

Sedikit info, menu-menu Perancis di sini ditawarkan dengan harga yang relatif dapat dijangkau dibanding bistro sejenis. Kisaran harga makanannya rata-rata Rp 20 ribu hingga  Rp 200 ribu, menjadikan bistro ini layak menjadi rekomendasi tempat bersantai. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com