Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Tentrem Siap Jadikan Yogyakarta Kota Tujuan MICE

Kompas.com - 28/06/2014, 09:36 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - MICE sebagai the meeting industry atau industri pertemuan memang berdiri di dua kaki. Satu di bidang bisnis satu lagi di bidang pelayanan atau biasa disebut hospitality industry. MICE adalah Meeting, Insentif, Convention and Exhibition (Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran).  Di Indonesia, MICE sebagai daya tarik industri pariwisata masih banyak yang belum serius memperhitungkannya. Padahal MICE adalah ajang mendatangkan wisatawan dalam skala besar.

Untuk memulainya, setidaknya di Yogyakarta, Hotel Tetrem membuka diri untuk menjadikan Kota Gudeg ini sebagai kota utama tujuan MICE. Sejauh ini Yogyakarta masih menjadi kota tujuan MICE kedua setelah Bali. "Harus campur, ada bisnis ada juga hiburannya.  Dua–duanya kita kombinasi," kata Manajer Umum Hotel Tentrem, Mey Nurnaningsih. Mey menambahkan, ”Segmen hotel kami diharapkan 65 persen adalah MICE dan 35 persen lainnya dari travel agent”.  

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Setiap sore, musik tradisional menghibur tamu Hotel Tentrem di Yogyakarta.

Untuk mencapai target MICE, Hotel Tentrem tengah mempersiapkan pembukaan ballroom termegah di Yogyakarta dengan kapasitas ribuan tamu. "Akhir tahun nanti siap dengan ballroom utama kami," kata Mey. Tanpa ballroom pun Hotel Tentrem memiliki 9 ruang rapat.

Hotel ini memiliki 274 kamar yang ditata dengan mewah. Ditambah kamar kelas eksekutif dan presiden. "Hotel kami terlihat modern tapi sentuhannya tradisional seperti minuman selamat datang-nya adalah jamu–jamuan. Kami ingin memperkenalkan kekayaan budaya kita," ujar Mey. Termasuk rincian arsiteknya seperti karpet, lukisan, dan sprei kamar adalah batik khas Indonesia.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Menu angkringan khas Yogyakarta di Restoran Kayu Manis, Hotel Tentrem, Yogyakarta.

Menu makan di hotel bintang 5 ini juga banyak yang menyajikan makanan khas lokal. Seperti setiap Jumat malam ada menu angkringan lengkap dengan nasi kucing. Setiap sarapan ada menu soto dan nasi gudeg. Tak ketinggalan jamu sebagai minumannya. Setiap sore di lobi Hotel Tentrem kelompok seniman menendangkan lagu–lagu Jawa, lengkap dengan alat musik tradisionalnya. Lagu–lagu Jawa ini menambah kuat nuansa trandisional saat memasuki hotel ini.  

Keramahan para staf hotel juga bukan hanya senyum ramah khas Indonesia tetapi juga dari sisi kenyamanannya. Menurut Mey, Hotel Tentrem ingin memberikan sentuhan pelayanan yang berbeda dari hotel bintang 5 lainnya. "Setiap barang yang tertinggal akan kami kirim tanpa tambahan bayaran lagi sebagai pelayanan yang maksimal," ujar Mey.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Kolam air panas atau jacuzzi dan sauna yang luas adalah fasilitas gratis bagi para tamu Hotel Tentrem di Yogyakarta.

Hotel Tentrem juga menyediakan bus gratis yang berangkat setiap jam ke Malioboro. "Bus siap dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam”, kata Mey. Berbagai fasilitas kelas elit juga tersedia di hotel Tentrem diantaranya adalah taman bermain anak. Bila lelah, silakan mampir ke Spa Gaharu. Setiap tamu diberi fasilitas sauna dan kolam air panas atau biasa disebut Jacuzzi di ruang spa. Bila ingin bugar silahkan ke kolam renang dan ruang fitnes.

Selain restoran Kayu Manis, Hotel Tentrem juga menyediakan Warung Kopi di teras lobi. Cocok untuk menikmat udara hangat Yogyakarta. Ada juga restoran Grand Duck King yang menunya adalah banyak masakan khas Tiongkok. Menjelang malam bisa santai di Eboni Bar and Lounge sambil minum santai.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Pijatan di Gaharu spa untuk memanjakan para tamu Hotel Tentrem di Yogyakarta.

Nama Tentrem sendiri artinya nyaman, aman, dan teduh. Mey menambahkan, "Nah kalau namanya saja Tentrem tinggal disini juga harus tentrem".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com