Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia India Beroperasi

Kompas.com - 05/07/2014, 11:37 WIB
BENGALURU, KOMPAS — Maskapai penerbangan berbiaya hemat, AirAsia, meresmikan penerbangan perdana di India dengan rute pertama Bengaluru-Goa, Selasa (3/7/2014). Dengan demikian, India menjadi salah satu negara basis operasi AirAsia, selain Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Jepang.

CEO Grup AirAsia Tony Fernandes meresmikan penerbangan perdana tersebut saat konferensi pers di Hotel ITC Windsor, Bengaluru, yang diikuti wartawan Kompas, Lasti Kurnia.

Tony lantas terbang dari Bandara Internasional Kempegowda, Bengaluru, menuju Bandara Internasional Goa.

CEO AirAsia India Mittu Chandilya mengatakan, India adalah pasar potensial bagi maskapai penerbangan berbiaya hemat. AirAsia menginvestasikan 40 juta dollar AS dengan target titik kembali modal satu tahun.

”Persiapan kami di India 14 bulan. Penerbangan dari Bengaluru ke Goa telah kami jual 1,5 bulan sebelumnya dan ludes dalam waktu 8 menit,” kata Mittu.

AirAsia India berencana meraih penumpang potensial 1,2 juta orang dan akan membangun 4-5 hub di India. Rute penerbangan Airasia India untuk penerbangan domestik saat ini adalah Bengaluru-Goa dan Bengaluru-Chennai. Pada 20 Juli ditambah rute Bengaluru-Cochin.

Tony Fernandes juga menyampaikan, potensi penerbangan internasional dari India-Indonesia cukup besar. Orang Indonesia, khususnya dari Medan, datang ke kota-kota di India, seperti Bengaluru dan Chennai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com