Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Anak Krakatau dari Pulau Sebesi

Kompas.com - 07/07/2014, 17:52 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

KOMPAS.com - Sebesi, pulau kecil di tengah Selat Sunda ini merupakan salah satu pulau berpenghuni dan memiliki potensi wisata. Dari Pulau Sebesi, pengunjung bisa melihat Gunung Anak Krakatau yang kokoh menjulang di tengah laut.

Untuk mencapai Pulau Sebesi, bisa menggunakan kapal sewaan dari Dermaga Canti, Lampung. Harga sewa kapal di Dermaga Canti sebesar Rp 2 juta rupiah dan cukup untuk dinaiki 20 orang. Selama perjalanan, tampak beberapa pulau kecil lainnya yang belum berpenghuni di Selat Sunda. Setelah kurang lebih satu setengah jam perjalanan, maka tibalah di Pulau Sebesi.

Di Pulau Sebesi, terlihat warga yang sibuk mengangkut hasil panen berupa pisang dan kakao menuju kapal-kapal. Hal yang menarik di Pulau Sebesi ini adalah sebagian warganya tidak mencari penghasilan sebagai nelayan, namun sebagai petani perkebunan.

Letusan Gunung Krakatau di tahun 1883 telah memberikan dampak positif bagi Pulau Sebesi ini. Abu vulkanik yang dihasilkan oleh Gunung Krakatau, membuat tanah di Pulau Sebesi menjadi subur. Tidak heran jika warga di sini lebih memilih untuk bercocok tanam daripada melaut.

Menurut Ayib, seorang warga di Pulau Sebesi, awalnya pulau ini dimiliki secara perseorangan. Kemudian, Dinas Pariwisata setempat mulai mengembangkan potensi wisata ini agar layak untuk dikunjungi wisatawan.

“Semenjak pemerintah turun tangan, berbagai fasilitas penunjang seperti kebutuhan air dan dermaga mulai dibenahi,” tutur Ayib.

Pulau Sebesi memiliki satu desa yang bernama Desa Tejang dan terdiri dari lima dusun yaitu Dusun Gubuk Seng, Dusun Bangunan, Dusun Impres, Dusun Regahan Lada, dan yang letaknya paling jauh dari dermaga Pulau Sebesi adalah Dusun Sigenom. Warga yang tinggal di Pulau Sebesi ini kebanyakan adalah pendatang berasal dari Provinisi Banten.

Dari beberapa dusun yang ada, Dusun Gubuk Seng adalah dusun yang memiliki panorama yang paling indah. Di pantai dekat Dusun Gubuk Seng, pengunjung dapat melihat dengan jelas Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau yang saling “berdiri” bersebelahan.

Selain dapat menikmati keindahan panorama Gunung Krakatau, kita juga dapat berenang di wilayah laut Pulau Sebesi ini. Air laut yang jernih dengan berbagai jenis terumbu karang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

“Warga di sini juga merawat terumbu karang yang ada, karena terumbu karang tersebut memiliki potensi wisata yang sangat besar,” ungkap Ayib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com