Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Rusia Paling Puas dengan Hotel di Indonesia

Kompas.com - 14/07/2014, 17:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan dari Australia, Indonesia, Singapura, Inggris, dan Perancis memberikan ulasan terbanyak untuk akomodasi Indonesia. Para wisatawan tersebut termasuk dalam 10 negara yang merupakan pasar teratas untuk akomodasi Indonesia berdasarkan ulasan di TripAdvisor tahun 2013

Pengamatan lebih mendetail terhadap peringkat rata-rata ulasan TripAdvisor yang diberikan kepada akomodasi Indonesia oleh pasar pengulas teratas memberikan beberapa informasi menarik. Salah satunya, wisatawan Indonesia adalah kritikus yang paling keras.

Tahun 2013, wisatawan dari Indonesia memberikan akomodasi di negara mereka sendiri peringkat ulasan rata-rata 3,91 (dari skala 5), dibandingkan rata-rata peringkat ulasan global 4,17 untuk akomodasi di Indonesia. Sebaliknya, wisatawan Rusia adalah tamu yang paling puas, memberikan peringkat rata-rata 4,37 untuk akomodasi Indonesia.

“Ini adalah berita baik bahwa akomodasi di Indonesia mendapatkan penghargaan tinggi dari wisatawan TripAdvisor. Hasil dari penelitian ini semakin banyak memberikan informasi berharga bagi pemilik akomodasi Indonesia yang ingin mendefinisikan pasar target potensial untuk perencanaan pasar dan bisnis mereka,” kata Director of Partnerships, APAC, TripAdvisor, Aaron Hung, seperti terungkap dalam siaran pers.

Penelitian TripAdvisor menunjukkan bahwa walaupun obyek wisata di Bali, Jawa, dan Nusa Tenggara Barat adalah destinasi wisata yang paling banyak dicari oleh wisatawan TripAdvisor di tahun lalu.

Akomodasi di destinasi wisata ini tidak lantas mendapatkan peringkat ulasan rata-rata tertinggi. Dari 10 destinasi wisata teratas akomodasi di daerah terpencil di Papua Barat (4,35) mendapatkan peringkat ulasan TripAdvisor rata-rata tertinggi.

10 tujuan wisata Indonesia yang paling banyak dicari dan peringkat ulasan akomodasi TripAdvisor rata-rata 3 adalah (rata-rata peringkat ulasan dari skala 1-5) :

1. Bali (4,30)
2. Jawa (3,87)
3. Nusa Tenggara Barat (4,19)
4. Provinsi Kepulauan Riau (3,79)
5. Sumatera (3,92)
6. Sulawesi (4,02)
7. Nusa Tenggara Timur (3,86)
8. Kalimantan (3,60)
9. Papua Barat (4,35)
10. Kepulauan Maluku (3,83)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com