Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Bunga di Tomohon Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 19/07/2014, 10:38 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Tomohon di Sulawesi Utara memang memiliki berbagai obyek wisata yang eksotis. Kota ini terletak di daerah pegunungan. Topografi pegunungan dengan kontur tanah yang berbukit-bukit rupanya menjadikan kota ini menyimpan potensi wisata alam yang memesona. Sebut saja Gunung Lokon, Gunung Mahawu dan Danau Linow Lahendong selalu menjadi incaran wisatawan saat mengunjungi kota ini.

Kelebihan Tomohon ternyata bukan hanya sebatas di pemandangan alamnya, tapi juga iklimnya. Karena letak geografisnya itu, Tomohon beriklim sejuk dan memiliki tanah yang cocok untuk membudidayakan bunga, buah dan sayuran. 

Beberapa tahun belakang sejak diselenggarakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) ternyata membuat kota ini memiliki obyek wisata baru, lahan bunga. "Sebagian besar petani di sana memang menanam bunga, ya dipikir-pikir penghasilan mereka dari bunga potong saja bisa melebihi penghasilan saat mereka menanam padi," ungkap Wali Kota Tomohon, Jimmi Feidie Eman saat ditemui Kompas Travel seusai konferensi pers TIFF 2014 di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kamis (17/7/2014). Karena banyaknya lahan bunga di Tomohon, wisatawan yang datang ke sana tak lupa untuk mengunjungi lahan-lahan bunga.

Uniknya, pada musim bunga seperti Desember, Januari dan April, Tomohon seperti kebanjiran bunga. Siapa pun yang mengunjungi kota ini dapat menikmati bunga yang tumbuh subur di mana pun mulai dari pekarangan rumah hingga restoran. Maka cocoklah bila kota ini dipatenkan menjadi Kota Bunga.

Banyak bunga-bunga yang indah dan berkualitas datang dari Tomohon. Maka tak heran bila kota ini menjadi kota produsen bunga yang sudah dipasarkan hingga mancanegara. "Bunga dari Tomohon itu beda, yang paling istimewa adalah Krisan. Krisan dari Tomohon diameternya bisa jauh lebih besar. Diameternya bisa sampai 15 cm," ungkap Eman. 

Bunga Krisan ini juga yang menjadi kebanggaan kota yang memiliki semboyan "Dengan Bunga Menyapa Dunia". Selain Krisan, Bunga Aster dan Marigold juga tumbuh di sana. Mempercantik halaman di sepanjang kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com