Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Rute Halim-Solo dan Halim-Balikpapan

Kompas.com - 19/07/2014, 16:24 WIB
SOLO, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC), Citilink kembali melakukan ekspansi dengan membuka rute Jakarta-Solo dari Bandara Halim Perdanakusuma pada Jumat (18/7/2014).

“Dibukanya rute Jakarta (Halim) – Solo merupakan jawaban atas permintaan masyarakat, sekaligus komitmen Citilink untuk memperluas jangkauan di wilayah Jawa Tengah, serta memperlancar konektivitas antar kota di Indonesia,” kata President & CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo, usai acara peluncuran rute baru di Boyolali, Solo, Jumat (18/7/2014), seperti termuat dalam siaran pers.

Penerbangan Jakarta (Halim) – Solo yang memiliki kode penerbangan QG 150 akan dilayani setiap hari melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Penerbangan Halim – Solo berangkat pukul 13.55 WIB dan tiba pukul 15.10 WIB, sedangkan untuk Solo – Halim berangkat pukul 15.40 WIB dan tiba pukul 16.55 WIB.

Bersamaan dengan hal itu, dibuka juga rute Jakarta (Halim) – Balikpapan PP, sehingga kini Citilink telah memiliki 17 penerbangan ke bandara milik TNI AU itu. Adapun penerbangan Halim – Balikpapan dijadwalkan berangkat pukul 08.40 WIB dan tiba pukul 11.50 WITA dengan kode penerbangan QG164. Sementara Balikpapan – Halim memiliki kode penerbangan QG165 dengan waktu keberangkatan 12.20 WITA dan tiba pukul 13.25 WIB.

Meskipun baru beroperasi pada Jumat (18/7/2014), rute Halim – Solo adalah salah satu rute Citilink yang terpadat selama musim angkutan lebaran 2014 (H-10 hingga H+10 Lebaran). Tingkat isian rata-rata harian melebihi 85 persen. Selain juga rute lain seperti Jakarta – Padang, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Denpasar, Jakarta – Medan, dan Halim – Yogyakarta.

Dipilihnya kota Solo sebagai destinasi baru Citilink merupakan strategi ekspansi bisnis sekaligus bagian dari upaya untuk memajukan perekonomian Solo. Solo memiliki penduduk sebanyak 560 ribu jiwa dan memiliki pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4 persen (2013). (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com