Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Gunungkidul Targetkan 300.000 Wisatawan

Kompas.com - 21/07/2014, 08:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Selama liburan, lebaran Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul, DIY, menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 300 ribu pengunjung. Target kunjungan ini terbagi dalam dua destinasi unggulan Kabupaten Gunungkidul yakni pantai dan non pantai. "Target kita 300 ribu wisatawan berkunjung ke destinasi wisata Gunungkidul," ujar Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata, Hary Sukmono, Sabtu (19/7/2014).

Menurut Hary, target itu cukup realistis karena dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Gunungkidul. "Tahun lalu selama libur lebaran jumlah pengunjung pantai mencapai 165 ribu," katanya.

Target tersebut, lanjut Hary, terbagi dalam dua jenis destinasi obyek wisata. Untuk jenis wisata pantai ditargetkan 200 ribu wisatawan, sementara obyek seperti Goa Pindul, Air Terjun Sri Getuk, Gunung berapi purba Nglanggeran, dan Kali Suci ditargetkan mencapai 100 ribu wisatawan. "Kita optimistis target kunjungan selama libur lebaran 2014 ini akan tercapai," katanya.

BARRY KUSUMA Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.
Hary menjelaskan, selama libur lebaran 2014 pihaknya tidak akan menaikkan tarif masuk obyek wisata. Tiket masuk tetap Rp 10.000 per orang untuk obyek wisata Pantai Baron dan sekitarnya. Sementara tarif masuk ke Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Wedi Ombo sebesar Rp 5.000 per orang.

Terkait pengamanan selama libur lebaran, di setiap obyek wisata, Hary mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Satuan Kerja Perangkat Daerah, Polisi, Kodim, SAR, Pol PP dan Kesehatan. "Kita sudah berkoordinasi dengan petugas kepolisian dan akan dibangun pos-pos pengamanan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com