Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gembira Loka Dilengkapi "Taring" untuk Wisatawan Difabel

Kompas.com - 21/07/2014, 16:36 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Obyek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta pada libur Lebaran 2014 dilengkapi armada transpor keliling (taring) untuk wisatawan difabel yang berkunjung ke kebun binatang tersebut.

"Manajemen Gembira Loka Zoo (GLZoo) pada libur lebaran menambah armada transpor keliling atau taring sejumlah tiga unit, satu di antaranya khusus diperuntukkan bagi penyandang difabel," kata Kepala Unit Wahana Darat GLZoo, Rudy Septiawan di Yogyakarta, Minggu (20/7/2014).

"Untuk 'taring' khusus penyandang difabel kapasitasnya 20 orang. Jadi, kursi roda yang dipakai penyandang cacat bisa langsung dinaikkan ke angkutan keliling tersebut untuk melihat kawasan kebun binatang tersebut," katanya.

Kemudian untuk armada ATV, yang banyak disukai anak-anak, kata dia, pada lebaran nanti ditambah delapan unit sehingga keseluruhan dioperasikan 16 unit. "Sedangkan untuk wahana kolam tangkap diperindah dengan pengecatan di bibir kolam," katanya.

Selama seminggu musim libur Lebaran 2014, mulai 28 Juli-3 Agustus mendatang, GLZoo juga menggelar parade musik untuk menghibur pengunjung yang bersantai di sekitar danau buatan Mayang Tirta.

"Sedangkan sepeda wisata yang banyak digemari orang muda, selama masa lebaran nanti terpaksa tidak dioperasikan mengingat akses jalan sepeda dipastikan dipadati pengunjung," katanya.

Sementara itu, Manager Marketing dan Pengembangan GLZoo Yogyakarta, Josep Kurniawan mengatakan enam ekor Jackass Penguin saat ini menjadi daya tarik pengunjung obyek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta.

"Setelah dua bulan menjadi koleksi GLZoo, sebanyak enam Penguin Jackass yang merupakan hibah dari Singapura Zoo tampak mulai nyaman di kandang akuarium yang ditempatinya selama ini," katanya.

Menurut Kurniawan, enam ekor penguin tersebut terdiri atas tiga jantan dan tiga betina itu sudah mau berpindah-pindah menyelam dari ruangan tertutup menuju ruangan terbuka untuk berjemur di bawah sinar mentari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com