Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Lebaran, Kesenian Tradisional Digelar di Borobudur

Kompas.com - 21/07/2014, 17:25 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Taman Wisata Candi Borobudur akan mementaskan kesenian tradisional di pelataran Candi Buddha tersebut untuk menghibur pengunjung selama libur Lebaran 2014.

"Pada libur Lebaran kali ini ada hiburan keroncong dan kesenian tradisional yang akan pentas setiap hari untuk menghibur pengunjung," kata Wakil Kepala Operasional I Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Malyanto, di Magelang, Senin (21/7/2014).

Ia mengatakan hal itu usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2014 tingkat Kabupaten Magelang.

"Dalam pementasan kesenian tradisional itu kami bekerja sama dengan Asosiasi Kesenian Rakyat Borobudur dan Warung Info Jagad Cleguk," katanya.

Menurut Aryono, puncak kunjungan pada Lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada H+3 dan diharapkan jumlah kunjungan mencapai 52.000 orang pada hari itu.

Ia menuturkan, target pengunjung selama libur Lebaran, yakni 26 Juli-10 Agustus 2014 bisa mencapai 315.000 pengunjung. "Jumlah pengunjung pada libur Lebaran tahun lalu sebanyak 285.000 orang dan tahun ini ditargetkan bisa naik sekitar tujuh persen," katanya.

Tokoh seniman dari Warung Info Jagad Cleguk, Sucoro, mengatakan, selama libur Lebaran pihaknya akan mementaskan sejumlah kesenian tradisional, antara lain soreng, kuda lumping, warakan anak, jatilan, dan campur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com