Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Rujak Keletuk Ci Apang Khas Karawang

Kompas.com - 22/07/2014, 10:41 WIB
KOMPAS.com - Setelah menikmati makanan aneka pepes, kami langsung menuju tempat kuliner berikutnya. Lokasi selanjutnya yang akan kami tuju lumayan jauh yaitu di Karawang Barat. Di sini kami ingin mencicipi menu rujak dan lotek yang legendaris di Karawang Barat ini.

Namanya Lotek Ci Apang, yang berlokasi di Jalan Babakan Cianjur. Umur warung ini sudah cukup lama. Menurut penjualnya lotek Ci Apang sudah berjualan sekitar tahun 1955. Kini sudah diwariskan turun temurun ke anak cucunya.

Warung lotek Ci Apang tempatnya sederhana dan ukurannya kecil, hanya bisa untuk beberapa orang saja. Walau tempatnya sederhana ternyata Bapak Presiden kita salah satu pelanggannya lho. Ada beberapa kliping koran yang berisi keluarga Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sedang makan di warung Lotek Ci Apang ini.

ARSIP DOYANKULINER.COM Lotek Ci Apang di Karawang, Jawa Barat.
Di sini menyediakan beberapa menu, antara lain Rujak Keletuk, Rujak Ulek, Lotek dan Karedok. Kalau Presiden SBY suka menu favorit di sini yaitu Lotek. Di sini lotek isinya sayur yang direbus lalu diberi sambel dari gula jawa dan kacang tanah. Beda sama lotek di Jakarta, kalau di Jakarta lotek itu buah potong yang diberi sambal gula jawa dan kacang.

Tapi sayang kami kurang beruntung, tidak kebagian menu loteknya. Karena kami datang warung lotek ini sudah mau tutup. Jadi kami hanya memesan Rujak Ulek dan Rujak Keletuk.

Kalau Rujak Ulek ini hanya berisi potongan buah seperti jambu air, ubi, mangga muda dan bengkoang. Untuk sambel terbuat dari gula jawa dan kacang. Kalau menu seperti ini di Jakarta memang lebih dikenal dengan lotek.

ARSIP DOYANKULINER.COM Rujak keletuk di Karawang, Jawa Barat.
Nah kalau menu rujak keletuk memang agak unik, beberapa buah seperti mangga muda, ketimun dan ubi ini dipotong sangat kecil-kecil dan berkuah encer yang rasanya manis pedas, kuahnya mirip asinan buah Bogor. Pokoknya enak  dan nikmat, sampai saya pesan untuk dibawa pulang. O iya, hampir lupa. Harga Rujak Ulek Rp 10.000, Rujak Keletuk Rp 10.000, Lotek Rp. 10.000, dan Karedok Rp 10.000. Kalau Anda sedang pergi ke Karawang Barat, tidak ada salahnya mampir ke Lotek Ci Apang ini. (Frans)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com