Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Manado: Tingkatkan Pelayanan kepada Wisatawan

Kompas.com - 25/07/2014, 15:20 WIB
MANADO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Sulawesi Utara meminta penyedia akomodasi terutama transportasi seperti operator bandara, taksi bandara dan ojek meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Manado sudah menjadi salah satu kota tujuan wisata, maupun lokasi penyelenggaraan acara bertaraf lokal, nasional maupun internasional sehingga seluruh elemen harus ikut memberikan kenyamanan pada para wisatawan," kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut di Manado, Jumat (25/7/2014).

Vicky mengatakan sejak dicanangkan sebagai satu dari 10 kota Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE), Manado menjadi semakin menarik mata dunia dan selalu menjadi pilihan di antara 10 kota lainnya. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan pergerakan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karena itu saya mengajak seluruh elemen yang beraktivitas di kawasan Bandara Sam Ratulangi untuk ikut menyukseskan hal tersebut diantaranya dengan menjaga kebersihan kawasan," katanya.

Menurut Vicky, bukan hanya menjaga kebersihan, tetapi juga menunjukkan sikap yang baik dan menyambut dengan ramah para wisatawan yang mengunjungi Sulawesi Utara khususnya Manado.

Vicky memaparkan, dalam waktu dekat, Manado akan kembali menjadi tuan rumah acara nasional yakni pertemuan para pimpinan bank seluruh Indonesia sehingga persiapan harus dilakukan seawal mungkin.

Para sopir serta pengelola Bandara Sam Ratulangi dituntut untuk berperan aktif menyukseskan, dengan menyediakan layanan yang memuaskan dan menggembirakan para tamu, sebab tempat tersebut adalah lokasi pertama para tamu menginjakan kakinya.

Kompas.com/Ronny Adolof Buol Bandara Sam Ratulangi Manado.
"Kemudian para sopir taksi, tukang ojek harus bisa menunjukkan keramahan dan sikap manis agar yang berkunjung terkesan sehingga mau kembali ke Manado, bukan hanya untuk gelaran acara ini saja, tetapi untuk berwisata juga," katanya.

Bahkan Vicky juga mengingatkan para sopir dan petugas bandara untuk dapat menampilkan ciri khas kota, dengan menggunakan seragam "Kaeng Manado" sehingga menimbulkan kesan positif, dan pemerintah setempat siap memfasilitasi pengadaan pakaian tersebut.

Ia mengingatkan Manado sudah terkenal dengan keramahtamahannya sehingga sebutan "smiling people" terus dijaga dan dikembangkan, dan ditunjukkan pada setiap tamu yang mengunjungi Manado.

Vicky menambahkan, kunjungan wisatawan yang semakin meningkat akan menggerakkan roda perekonomian, yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat termasuk para sopir taksi bandara serta tukang ojek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com