Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Nasi Gulung ala Korea

Kompas.com - 26/07/2014, 17:03 WIB
Michael

Penulis

KOMPAS.com - “Annyeonghaseo!” begitulah cara orang Korea mengatakan "selamat datang". Ucapan yang diucapkan dengan lantang membuat pengunjung yang masuk ke restoran Korea ini merasa nyaman.

Han Gook, begitulah nama restoran Korea yang berada di Salsa Food City, Gading Serpong, Tangerang. Tempatnya agak menyudut namun tetap terlihat karena lampu neon nama restoran yang terang menyala. Nama "Han Gook" diambil dari nama sebuah semenanjung yang memisahkan Laut Kuning dan Laut Jepang.

Han Gook menyediakan banyak hidangan asli Korea yang tidak dapat ditemukan di restoran Korea yang lain. Terutama restoran Korea yang hanya menyediakan menu fusion atau hanya menjual satu jenis hidangan barbeque. Seperti cara makan tradisional di Korea, alat makan yang digunakan di sini terbuat dari besi, termasuk pula tempat nasi dan gelasnya. Sehingga terasa seperti benar-benar makan di Korea.

Kompas.com/Michael Thok Bok Gi, kue beras dengan sensasi pedas dan dilengkapi dengan telur dan sayur-sayuran
Menu makanan yang disediakan juga beragam dari makanan ringan seperti Thok Bok Gi atau kue beras, Ra Bok Gi dan Hemul Pajeon atau martabak ala Korea. Mie Korea seperti Jab Chae atau mi hitam Korea, Ramen dan Bibim Guksu yang merupakan mi tipis.

Makanan utama yang disediakan seperti Kimbab atau nasi gulung ala Korea . Bisa juga cicipi Bibimbab atau nasi campur yang berisi sayuran, daging sapi dan telur setengah matang yang dilengkapi dengan saus pedas.

Selama menunggu hidangan yang sudah dipesan, pengunjung disuguhkan makanan kecil seperti kentang manis, kacang manis, terong pedas, jamur Enoki dan tidak lupa Kimchi. Pencinta kuliner Korea bisa puas dengan cita rasa makanan di tempat ini.

Sebab, rasanya persis seperti asli dari Korea. Tak perlu heran, pemilik Han Gook adalah orang asli Korea yang pindah ke Indonesia. Dia sendiri yang memegang proses memasak di dapur dan sekaligus menjadi kasir.

Hidangan yang terkenal dan menjadi favorit adalah Bibimbap yang disajikan autentik dengan mangkuk panas yang membuat nasi di dalamnya menjadi garing. Hal seperti ini sangat susah untuk ditemukan di restoran Korea fusion yang biasanya tidak menggunakan mangkuk asli.

Selain itu juga ada Kim Bab, nasi gulung yang dipotong-potong dengan daging sapi, lobak kuning, dan daging kepiting di dalamnya. Jangan lupakan sensasi pedas dari kue beras Thok Bok Gi yang lembut disajikan dengan sebutir telur. Semua hidangan ini terasa serasi saat dimakan bersama.

Jika Anda penggemar makanan Korea dan kebetulan sedang berkunjung ke Gading Serpong, mampirlah ke Han Gook untuk mencicipi citarasa negeri Ginseng yang asli. Tak lupa, setelah membayar dan berjalan keluar restoran maka pelayan akan mengucapkan kata penutup yang berarti terima kasih. “Kamsahamnida!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com