Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Dodol, Garut Punya Beragam Suvenir

Kompas.com - 01/08/2014, 15:32 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Mudik lewat Garut? Saat pulang, jangan hanya sekadar lewat. Jelajahi Garut dan belanjalah oleh-oleh. Apa saja yang bisa dibeli?

Kerajinan akar wangi. Kerajinan ini wajib Anda beli, sebab Garut adalah salah satu penghasil tanaman akar wangi di dunia. Akar wangi Garut terkenal beraroma kuat dan tahan lama. Salah satu perajin ada di Jalan Pakuwo Nomor 10, toko Zocha namanya.  

Anda bisa beli aneka gantungan kunci, boneka, bantal, taplak meja, kap lampu, tas, sampai bed cover. Harganya mulai dari Rp 5.000 hingga ratusan ribu rupiah.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Aneka jaket dari kulit domba Garut.
Kerajinan kulit domba. Domba Garut memang terkenal. Selain dagingnya dikonsumsi, kulit domba di Garut dijadikan bahan pakaian. Harganya lebih mahal dibanding pakaian yang dibuat dari kulit sapi.

Bedanya, tekstur kulit sapi lebih lembut dan tidak kaku. Tertarik membeli produk dari kulit domba bisa mampir di Jalan Ahmad Yani. Di jalan ini banyak toko yang menjual produk dari kulit domba.

Salah satunya adalah Toko Astiga. Ada produk seperti jaket, tas, sampai sepatu. Harga bervariatif, seperti jaket mulai dari Rp 500.000.

Tenun Garut. Karena penghasil sutra, tenun-tenun garut banyak yang menggunakan benang sutra. Anda bisa membeli dan melihat proses pembuatan tenun garut di Kampung Tenun Garut. Kampung ini berada di Desa Panawuan. Harga kain tenun Garut di kisaran Rp 500.000 hingga jutaan rupiah.

Cokelat isi dodol. Garut identik dengan dodol. Tetapi ada inovasi terbaru berupa Chocodot atau cokelat isi dodol.  Toko Chocodot berada di Jalan Otto Iskandardinata Nomor 2, Pasawahan.

Anda bisa membeli Chocodot beraneka rasa, biasanya buah-buahan maupun rasa original. Toko ini juga menjual kreasi olahan cokelat lainnya seperti cokelat isi abon daging maupun cokelat cabai.

KOMPAS.com/Ni Luh Made Pertiwi F. Batik Garut
Batik garut. Belanja batik Garut bisa di RM Batik Tulis Garutan di Jalan Papandayan Nomor 54. Alternatif lain adalah toko "RPG Tenun Sutra dan Batik Tulis" yang berada di Jalan Pembangunan, Kampung Citeureup.

Bedanya, di RPG yang dijual adalah batik berbahan kain sutra. Harganya tentu lebih mahal. Batik khas Garut memiliki warna-warna cerah. Warna asli batik Garut adalah warna merah marun, krem, biru tua, dan merah bata. Selain kain batik, Anda juga bisa membeli pakaian jadi.

Dodol. Oleh-oleh satu ini memang legendaris. Dodol Picnic sudah berusia 47 tahun. Pabrik Dodol Picnic berada di Jalan Pasundan Nomor 102. Jika membeli dodol langsung di pabriknya, rasanya akan berbeda dengan membeli dodol yang sama di toko-toko lainnya. Sebab, dodol yang baru jadi, rasanya lebih enak.  

Wajib tentunya membeli rasa original. Tetapi kini dodol juga hadir dalam beragam rasa, seperti rasa buah-buahan. Sebut saja rasa jambu, stroberi, durian, dan sirsak. Selain itu, ada pula rasa wijen dan jahe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com