Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Jember Fashion Carnaval Segera Digelar

Kompas.com - 08/08/2014, 10:17 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jember Fashion Carnaval (JFC) akan segera digelar pada tanggal 23 Agustus 2014. Rangkaian karnaval yang berlangsung selama 4 hari ini akan diadakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“JFC ini merupakan karnaval peringkat 4 terunik di dunia. Tahun ini, akan ada catwalk sejauh 2 km di jalan utama Kota Jember,” kata  Ketua DPP Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI), Dyand Fariz dalam konfrensi pers di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Dyand menjelaskan, pada JFC tahun ini AKARI juga menyelenggarakan sebuah acara bertajuk Wonderful Archipelago Carnaval Indonesia (WACI). Tim dari karnaval ini terdiri dari 7 provinsi yaitu Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Bangka Belitung. Setiap tim terdiri dari 50 orang dan akan melintasi jalur catwalk utama sepanjang 2 km.

“Di hari pertama akan ada karnaval untuk anak-anak, kemudian hari kedua ada karnaval dengan tema artwear. Hari ketiga ada WACI, dan hari terakhir akan diadakan acara utama yaitu Grand Carnival,” ucap Dyand.

Selama rangkaian acara berlangsung, akan diselenggarakan juga JFC Expo. Menurut Dyand, dalam JFC Expo ini akan ada pameran produk kreatif anak muda dan kuliner dari beberapa provinsi yang ikut serta.

“Tentunya para wisatawan yang hadir juga mencari kuliner dari berbagai daerah, oleh sebab itu diadakan JFC Expo ini,” jelas Dyand.

Dyand berharap, melalui WACI dan JFC ini bisa menjadi sarana promosi wisata Indonesia hingga ke luar negeri. Festival bertaraf internasional ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk semakin mengembangkan potensi wisata dalam bentuk karnaval.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com