Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Raja Ampat Siap Digelar

Kompas.com - 10/08/2014, 10:41 WIB
RAJA AMPAT, KOMPAS.com - Persiapan acara Sail Raja Ampat 2014 yang akan digelar 17 sampai 23 Agustus 2014 di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat sudah mencapai 90 persen. "Hal tersebut menepis kekhawatiran masyarakat akan isu ketidaksiapan penyelenggaraan Sail Raja Ampat akibat beberapa kendala seperti kebakaran beberapa waktu lalu," kata Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Dedi H Sutisna sebagai Sekretaris Panitia Pelaksana Tingkat Pusat mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan pada rapat koordinasi Sail Raja Ampat 2014 di Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (9/8/2014).

Menurut Dedi, segala kebutuhan terkait akomodasi dan transportasi kegiatan tengah dipersiapkan sebaik mungkin oleh panitia lokal. Rapat koordinasi pun dilakukan hampir seluruh Kementerian/Lembaga terkait, termasuk dengan Pemerintah Daerah dan BUMD.

Semua kegiatan pembangunan dan fasilitas yang mendukung kegiatan Sail Raja Ampat 2014 dijadwalkan rampung pada 17 Agustus 2014. "Pengaturan akomodasi dan fasilitas umum akan disiapkan sebaik mungkin oleh penanggung jawab bidang secara profesional dan proporsional sehingga para tamu dapat terakomodir dengan baik," ujar Dedi.

Dedi memaparkan, hotel atau penginapan untuk tamu yang datang sudah disiapkan di Kota Sorong maupun di Kabupaten Raja Ampat. Penerbangan menuju Sorong dilayani beberapa maskapai nasional sedangkan dari Sorong ke Raja Ampat hanya dengan Susi Air berkapasitas 14 orang.

Penyeberangan Sorong menuju Waisai (PP) akan dilayani kapal perintis dan kapal wisata serta kapal ASDP dengan rute Sorong-Saonek dan Waisai. "Transportasi laut mulai pekan depan sudah siap melayani ribuan tamu undangan dari dalam dan luar negeri," kata Dedi.

KOMPAS.com/Icha Rastika Suasana sore hari di Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja Ampat.
Dedi menjelaskan, menjelang acara puncak terdapat tujuh agenda penting yang akan digelar, yaitu Upacara HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Waisai, Raja Ampat. Kedua, Pentas Budaya Festival Raja Ampat selama satu minggu sejak 18 Agustus 2014, dan agenda ketiga Pameran Potensi Daerah pada 19-23 Agustus 2014 di Lapangan Bola Kota Waisai, Raja Ampat.

Agenda keempat, Diplomatic Tour pada 20-22 Agustus 2014. Kelima, Tour VIP pada 21 Agustus 2014, khusus untuk para menteri dan kepala lembaga yang akan mengunjungi objek pembangunan di Raja Ampat.

Khusus untuk Presiden dan rombongan, panitia telah menyiapkan agenda keenam yaitu Tour VVIP pada 22 Agustus 2014. "Sedangkan agenda ketujuh atau agenda utama yaitu acara puncak akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta, Kota Waisai," katanya.

"Sail Raja Ampat 2014 merupakan acara kelautan internasional tahunan yang memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktifitas lainnya yang berbasis kelautan dengan leading sector pariwisata bahari," tambah Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com