Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Majdi Promosikan Keindahan NTB kepada Peserta Lemhanas

Kompas.com - 12/08/2014, 11:12 WIB
MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M Zainul Majdi memperkenalkan sejumlah destinasi wisata andalan di daerah itu kepada para peserta dari negara sahabat yang mengikuti pendidikan reguler 52 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

"Sektor pariwisata merupakan aktivitas sosial ekonomi yang kompleks dan berdampak besar dalam aspek kehidupan masyarakat di NTB," kata Zainul Majdi saat menerima para peserta program pendidikan reguler 52 Lemhanas Republik Indonesia Tahun 2014 di Mataram, Senin (11/8/2014).

Secara khsusus pada kesempatan itu, gubernur memperkenalkan secara umum potensi alam yang dimiliki NTB, salah satunya Gunung Rinjani yang merupakan destinasi wisata unggulan nasional. "Saat ini NTB sedang mempromosikan Geo Park Rinjani untuk menjadi Geo Park UNESCO. Alhamdulillah Geo Park Rinjani sudah menjadi Geo Park Nasional," ujarnya.

Menurut gubernur, Geo Park Rinjani pantas untuk menjadi khazanah dunia, karena konsep Rinjani bagi NTB dan masyarakat di Pulau Lombok secara khusus, adalah konsep yang tidak hanya tentang satu buah gunung semata, tetapi sudah menyangkut konsep kosmologis," jelasnya.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Masjid Kuno di Bayan, Lombok Utara, NTB, yang merupakan peninggalan tradisi Wetu Telu.
Karenanya, kearifan-kearifan yang ada di Lombok ini, bisa dibaca akarnya pada kearifan yang terkait dengan Gunung Rinjani dan punya kepentingan sangat strategis untuk kesinambungan pembangunan di NTB, bahwa kawasan Geo Park Rinjani ini harus terus dikembangkan.

Untuk itu, dalam mengembangkan kawasan itu, menurut Gubernur Majdi, pendekatan yang ingin NTB bangun sebenarnya selain wisata konvensional, adalah family tourism (wisata keluarga).

"Kita menyediakan wisata seperti itu untuk mereka yang biasa berwisata dengan keluarga dalam jumlah besar yang jika berwisata di wisata konvensional dirasa kurang secure dan nyaman. Itu sebabnya di dalam pengembangan kawasan mandalika resort Lombok Tengah diharapkan bisa lebih bernuansa wisata keluarganya," jelas Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini.

Oleh Karena itu, Provinsi NTB sangat membuka diri dan mendorong, memfasilitasi agar sarana-sarana wisata termasuk akomodasi perhotelan dapat mengadopsi prinsip-prinsip syariah.

BARRY KUSUMA Istana Dalam Loka di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.
"Jadi, pengembangan wisata syariah di NTB pertama karena kita memiliki potensi untuk itu. NTB memiliki destinasi-destinasi wisata yang berbau wisata spiritual, dan kami melihat pangsa pasar untuk wisata syariah di NTB cukup besar," ungkapnya.

"Konsep dari itu semua adalah menghadirkan kesejahteraan dan menghadirkan pilihan yang lebih baik kepada para wisatawan yang datang ke NTB," tambah Zainul Majdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com