Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Indonesia Siap Hadapi MEA 2015

Kompas.com - 13/08/2014, 13:52 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Industri pariwisata Indonesia melakukan berbagai upaya dan persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 dengan harapan mampu memenangi persaingan di kawasan Asia Tenggara.

"Proses ke arah sertifikasi kompetensi pekerja pariwisata sudah bergulir , tetapi kendala yang terdengar banyak sekali, misalnya karyawan tidak memiliki biaya melakukan uji kompetensi," kata Kepala Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana, Prof Dr I Nyoman Darma Putra, di Denpasar, Rabu (13/8/2014).

TRIBUN BALI/ANDRIANSYAH Seorang pemandu wisata menjemput wisatawan di terminal kedatangan internasional Bandara Ngurah Rai, Bali, Rabu (12/3/2014). Kunjungan wisatawan ke Bali masih terpantau ramai menjelang Hari Raya Nyepi.
Menurut Darma Putra, pekerja bidang pariwisata di Indonesia itu memandang uji kompetensi kurang bermanfaat karena sertifikasi tidak serta merta meningkatkan pendapatkan mereka. Sementara itu perusahaan yang mempekerjakan mereka tidak dalam posisi untuk membiayai proses sertifikasi.

Selain itu juga dikhawatirkan sertifikasi tidak akan serta merta menjadi komponen pertimbangan dalam gaji. Darma Putra menambahkan, berbagai masalah itu dapat menghambat industri pariwisata bersiap memasuki era MEA 2015 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com