Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Banyuwangi Pramuka Berperan sebagai Pemandu Wisata

Kompas.com - 15/08/2014, 12:38 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bersamaan dengan peringatan hari gerakan pramuka, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, membentuk tiga satuan karya (saka) baru yaitu Saka Kalpataru, yang dibina Badan Lingkungan Hidup, Saka Widya Budaya Bakti di bawah binaan Dinas Pendidikan, dan Saka Pariwisata binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sebelumnya sudah ada delapan saka di Banyuwangi yaitu Saka Dirgantara, Wira Kartika, Bahari, Bhayangkara, Wanabhakti, Taruna Bumi, Kencana dan Bhakti Husada. Sehingga kini total ada 11 Saka Pramuka di Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com, Kamis (14/8/2014) mengatakan, dengan pembentukan tiga saka tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi terutama di bidang pariwisata dan lingkungan hidup.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Peserta Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014, Jumat (23/5/2014).
"Nanti kegiatan Saka Kalpataru dan Saka Widya Budaya Bakti adalah di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup. Mereka bisa belajar tentang pengelolaan sampah termasuk juga belajar tentang pelestariam alam.

Sementara untuk Saka Pariwisata akan diajarkan untuk memandu wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Tentunya dengan memberikan pemahaman lebih dahulu terkait potensi wisata di Kabupaten Banyuwangi," jelas Anas.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Sebanyak 14 atase pertahanan negara sahabat mengunjungi Banyuwangi, Selasa (3/6/2014) malam. Rombongan disuguhkan tarian selamat datang, Jejer Gandrung yang diiringi pemain musik tradisional.
Nantinya, lanjut Anas, Pramuka juga akan didesain sebagai agen pariwisata. "Bukan hanya sekadar mengenalkan Banyuwangi dan segala potensi yang dimilikinya tapi juga memberikan edukasi seperti bagaimana merawat lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," tambah Anas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com