Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budaya Nusantara Disuguhkan di Bali

Kompas.com - 18/08/2014, 16:51 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Budaya Nusantara yang sangat kaya dan beragam sebaiknya dipromosikan dalam bentuk festival di Bali. Hal itu karena Bali, sebagai destinasi wisata di Indonesia yang paling dikenal di dunia, bisa menjadi etalase untuk memperkenalkan lebih dalam budaya Nusantara.

Atas dasar pemikiran itulah sebuah festival bertajuk ”Timeless Indonesia Festival” akan digelar di Bali. Festival yang digagas Konderatu bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini menampilkan kekayaan budaya di 34 provinsi di Indonesia secara bertahap.

Presiden Direktur Konderatu Herlinda Siahaan, di Jakarta, Minggu (17/8/2014), mengemukakan, untuk tahap pertama pada November 2014, festival menyuguhkan budaya dari tujuh provinsi meliputi Jawa Timur, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Bali sebagai tuan rumah.

Festival ini juga mengajak desainer-desainer yang peduli kain Nusantara untuk tampil. Satu provinsi diwakili satu desainer dan diusahakan putra daerah. Merdy Sihombing, misalnya, akan membawa mode (fashion) Batak. Stevanus Hamy dipercaya menyuguhkan mode Sulsel. Thomas Sigar mewakili Sulut, Erwin Sosrokusumo menyuguhkan kekayaan Jawa Timur.

Khusus Bali, enam desainer terlibat, salah satunya Cok Abi. Stevanus Hamy mengatakan, ia tertarik dengan busana Sulsel karena kaya akan motif dan kurang diminati oleh perancang busana. ”Saya mengolah kain-kain sarung menjadi fashion yang sederhana,” kata Hamy. (IVV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com