Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Festival, Pemkab Bogor Jaring Wisatawan

Kompas.com - 20/08/2014, 20:09 WIB
CIBINONG, KOMPAS.com - Wakil Bupati Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti mengatakan pihaknya siap menambah kunjungan wisatawan, khususnya melalui festival kebudayaan yang dimiliki daerah itu. "Kami menyambut baik apa yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam International Culture Festival karena akan menambahkan jumlah wisatawan untuk datang," katanya di Cibinong, Selasa (19/8/2014).

Karena itu, menurut Nurhayanti, Festival Dongdang bisa dijadikan sebagai agenda resmi kegiatan wisata di Jabar.

Nurhayanti menjelaskan bahwa Festival Dongdang sudah memasuki tahun keenam pada 2014, dan dilaksanakan setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan itu diikuti seluruh elemen dari unsur pemerintahan maupun masyarakat. Awal mulanya peserta sebanyak 1.000 dongdang, namun setiap tahunnya bertambah.

Wabup mengatakan bahwa Festival Dongdang juga menyatukan wisata dengan religi. Karena itu, pihaknya yakin festival itu bisa menjadi agenda resmi Provinsi Jabar dalam International Culture Festival.

Dongdang merupakan istilah dalam bahasa Sunda, yang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat hajatan (pesta) atau ada peristiwa istimewa.

KOMPAS.com/ RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Perhelatan Festival Dongdang yang diadakan tiap tahunnya oleh Pemerintah Kabupaten Bogor ini, diikuti lebih dari 1.000 peserta. Festival Dongdang digelar sebagi bentuk peringatan Maulid Nabi SAW, dan melestarikan budaya. K97-14
Pada Senin (18/8/2014) malam, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Bogor Nurhayanti di Sentul, Kecamatan Babakan Madang.

Deddy menjelaskan, guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Jabar, dirinya datang menemui Wabup Bogor untuk menanyakan tentang Festival Dongdang yang setiap tahun berlangsung di Kabupaten Bogor.

Wagub Jabar mengatakan bahwa Jabar akan mengadakan International Culture Festival di mana setiap tahun menjadi agenda wajib dari provinsi itu untuk menarik wisatawan untuk datang.

Kabupaten Bogor sudah mempunyai ciri khas untuk mendatangkan para wisatawan dengan Festival Dongdang. Karena itu, kedatangan Wagub Jabar kali ini untuk mengetahui Festival Dongdang tersebut secara lebih rinci.

"Jabar tidak miskin dengan kebudayaan, namun pariwisata kita masih kalah dengan Jawa Timur, maka Pemprov Jabar akan mengadakan International Culture Festival untuk menarik kunjungan wisatawan," katanya.

KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Bocah bermain layang-layang di depan lumbung padi di Kampung Budaya Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Rabu (19/1/2011).
Deddy Mizwar memaparkan, pertemuan semacam itu hendaknya jangan berlangsung sekali, karena Pemprov Jabar sangat serius mengadakan International Culture Festival. Karena itu, dalam setiap pertemuan harus ada pembahasan seperti menetapkan bulan, jangan sampai berdekatan dengan daerah lain.

"Saya ingin mengedepankan kesenian Jabar, baik itu tari, angklung maupun sastra, maka saya akan serius mengadakan International Culture Festival yang nantinya akan menjadi agenda wajib," tambah Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com