Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hmm... Lezatnya Makanan Jepang Ini

Kompas.com - 24/08/2014, 11:48 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bingung menghabiskan Minggu siang Anda? Sekali-kali, ajak lah keluarga Anda untuk makan siang bersama pada hari Minggu. Selain memanjakan perut, makan siang bersama di restoran ternama bisa menambah keakraban keluarga Anda.

Sebagai pilihan, Anda bisa mencoba menu ala Jepang yang disajikan Miyama Japanese Restaurant. Resto yang terletak di Hotel Borobudur Jakarta ini menyediakan "Japanese Sunday Brunch" yang tersedia khusus pada hari Minggu mulai pukul 11.30 WIB hingga 14.30 WIB sepanjang Agustus 2014.

Untuk menciptakan rasa orisinil Jepang, Miyama Restaurant menghadirkan koki yang diterbangkan langsung dari Jepang, Tomohiko Omori. Hidangan Miyama Restaurant disajikan secara prasmanan (buffet) selama Sunday Brunch.

Terdapat enam pilihan hidangan pembuka (appetiser), di antaranya Ebi Shinjyon Ni yang merupakan perpaduan bola udang rebus dengan saus kecap asin, serta Inaniwa Udon Tobiko Sauce atau mi udon siram saus mayonaise dan telur ikan. Tersedia pula Hiyyakko atau tofu dingin dengan jahe parut, serta Hiyashi Cuka Wakame yang merupakan rumput laut lembut dengan saus wijen di atasnya.

Live Station

Salah satu sajian yang menjadi unggulan Miyama Restaurant adalah teppanyaki. Tersedia beef, seafood, dan aneka sayuran yang bisa Anda kombinasikan sesuai selera sebagai bahan teppanyaki yang Anda inginkan. Teppanyaki ini disajikan dengan tiga jenis saus yakni, ponzu sauce, peanut (kacang) sauce, serta steak sauce.

KOMPAS.COM/ICHA RASTIKA Teppanyaki di Miyama Japanese Restaurant Hotel Borobudur Jakarta.
"Ponzu yang cocok untuk cocolan seafood, peanut, saus kacang untuk sayuran, steak sauce untuk daging-dagingan," kata Kepala Miyama Restaurant, Samsul Bachri.

Menariknya, proses pembuatan teppanyaki ini dipertontonkan secara langsung kepada pengunjung (live station). Para koki terlihat lincah membolak-balikan campuran daging, sayuran, dan seafood di atas wajan datar. Melihatnya saja bisa membuat Anda semakin tak sabar untuk segera mencicipi teppanyaki yang dihidangkan dalam kondisi hangat tersebut.

Menu lain yang dipertontonkan langsung pembuatannya adalah robatayaki atau sate khas Jepang. Aroma daging dan sayuran yang menyeruak semakin menggugah selera Anda untuk segera mencicipi sate khas Jepang tersebut. Rasa daging dan sayuran bakar yang disate itu semakin lezat dengan siraman saus yakitori di atasnya. Tak puas dengan teppanyaki dan robatayaki, Anda bisa bergeser ke live station pembuatan sukiyaki yang dijamin membuat Anda selera makan Anda kembali memuncak.

Pada hidangan utama, ada kelezatan ikan gindara bakar saus teriyaki yang sayang jika dilewatkan. Demikian juga tempura seafood dan sayuran yang menjadi hidangan utama Miyama Restaurant. Adonan tempura super lembut membalut udang segar yang terasa renyah di mulut. Gurihnya tempura yang disajikan dengan saus kecap asin tersebut bakal menjadikan Anda ingin terus mengunyah.

KOMPAS.COM/ICHA RASTIKA Robatayaki di Miyama Japanese Restaurant Hotel Borobudur Jakarta.
Sebuah restoran belum bisa menyandang nama "Japanese" jika tidak menghidangkan sushi. Di Miyama Japanese Restaurant, Anda bisa menemukan beberapa jenis sushi, mulai dari california sushi roll, smoked salmon maki, tempura roll, oshinko maki, hingga kappa maki.

Bila Anda suka makanan berkuah, jangan ragu untuk mendatangi oden station. Oden mirip seperti bakso kuah. Ada lobak, kue ikan, serta tahu yang direbus dalam kaldu kecap asin. Selain oden, Anda bisa mencicipi santapan berkuah lainnya, yakni misoshiru atau sup miso.

Pana Cotha Wasabi

Untuk pencuci mulut, koki Tomohiko mencoba memasukkan unsur Jepang pada setiap karyanya. Misalnya saja dengan memadukan adonan tiramisu dan green tea. Hijaunya green tea membuat tiramisu yang disajikan dalam mangkuk kecil itu semakin menarik perhatian.

Jika ingin yang lebih unik sekaligus menantang, Anda bisa mencoba pana cotha wasabi. Dengan keahliannya, Chef Tomohika mengolah wasabi yang biasa disajikan sebagai pendamping sushi menjadi pana cotha yang lembut dan manis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com