Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Merah Putih, Sebuah Pesta Rakyat di Hotel Santika

Kompas.com - 01/09/2014, 08:07 WIB
Fira Abdurachman

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar pukul 7 malam, lagu keroncong “Sepasang Mata Bola” karya Ismail Marzuki melantun di teras kolam renang Hotel Santika Jakarta. Para tamu saling berbaur satu sama lain termasuk tamu asing. Mereka menikmati malam sambil berpetualang dengan berbagai hidangan khas nusantara yang disajikan. Suasana malam itu memang berbeda dari hari biasanya. Lampion dan berbagai ornamen warna merah dan putih menghiasi ruangan terbuka.

Hotel Santika yang terletak di Jalan KS. Tubun, Jakarta, ini menggelar Festival Merah Putih sebagai rangkaian perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satu yang spesial adalah pemotongan Tumpeng Merah Putih. Tumpeng ini sengaja dibuat sebagai simbol hari kemerdekaan. Jumlah tingkatan tumpengnya terdiri dari 8 tingkat dan dikelilingi tumpeng-tumpeng kecil sejumlah 17 tumpeng. Angka ini sebagai simbol tanggal kemerdekaan. Warna nasinya juga dibikin berwana merah putih.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Tamu asing menikmati Festival Merah Putih di Hotel Santika Jakarta.

Makanan yang disajikan adalah makanan khas Indonesia seperti Coto Makassar, Soto Ayam, Sate, Nasi Goreng Kampung, dan berbagai gorengan. Tak ketinggalan aneka jajanan pasar. Ada juga Kerak Telor yang dimasak sesuai dengan cara aslinya yaitu dengan kompor arang.

Saat Kompas.com mencicipi makanan yang disediakan, yang paling berkesan adalah Nasi Goreng Kampung dan Kerak Telor. Rasa nasi goreng ini mirip dengan nasi goreng abang gerobak keliling yang banyak ditemui kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bumbu inti nasi goreng ini tak takut memberikan aroma dan rasa yang lumayan tajam. Apalagi gorengnya  tidak massal melainkan dimasak sesuai pesanan jadi disajikan selagi hangat.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Suasana Festival Merah Putih di Hotel Santika Jakarta.

Serunya lagi, panitia hotel menggelar lomba agustusan seperti lomba makan kerupuk, lari kelereng, dan paku botol. Hadiahnya juga tak tanggung–tanggung, menginap di kamar hotel dengan gratis. Wah asik sekali kan?

Perayaan kemerdekaan memang pesta rakyat yang tak kenal kelas, umur, dan tempat. Di mana saja agustusan selalu meriah termasuk di tempat mewah seperti Hotel Santika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com