Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Alam Gunungkidul Perlu Sentuhan

Kompas.com - 01/09/2014, 14:45 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Potensi obyek wisata alam di wilayah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih perlu sentuhan pembangunan agar menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah tersebut.

"Gunungkidul memiliki obyek wisata alam yang melimpah di antaranya pegunungan karst, sungai bawah tanah, goa dan pantai," kata praktisi pariwisata dan budaya, Widi Utaminingsih, di Yogyakarta, Senin (1/9/2014).

"Namun, potensi objek wisata yang melimpah itu, belum semuanya dikenal masyarakat karena belum digarap dengan optimal termasuk promosinya," kata Widi.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Warga berkumpul sebelum mengolah lahan Kebun Buah Nglanggeran yang berada di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (25/4/2013). Gunung yang aktif sekitar 70 juta tahun lalu dan menjulang dengan ketinggian 700 meter di atas permukaan laut tersebut dikembangkan oleh masyarakat setempat menjadi salah satu objek wisata alternatif yang menawarkan keunikan bentang alam yang tersusun dari material vulkanik tua.
Menurut dia, wilayah Kabupaten Gunungkidul tersebut tidak hanya dianugerahi keindahan alam pantai namun juga keindahan kawasan Pegunungan Sewu berupa pegunungan karst yang di dalamnya terdapat gua dan sungai bawah tanah.

"Selama ini, wilayah tersebut memang belum digarap optimal, padahal banyak pelaku pariwisata di DIY mengharapkan peran pemda setempat untuk serius menggarap potensi tersebut," katanya.

Widi mengharapkan dengan penggarapan yang optimal maka kawasan Pegunungan Sewu dapat menjadi ikon pariwisata Kabupaten Gunungkidul selain kawasan obyek wisata alam pantai selatan.

"Potensi keindahan pegunungan karst tersebut harus dimaksimalkan. jangan sampai potensi besar itu malah tidak memberi manfaat bagi masyarakat setempat," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta itu.

BARRY KUSUMA Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DIY.
Menurut Widi, perlu kreativitas pemerintah kabupaten setempat untuk menarik investor sekaligus membangun citra Gunungkidul dengan potensi obyek wisata karst pegunungan sewu menjadi daya tarik kunjungan wisatawan.

"Saya optimistis pariwisata Gunung Kidul akan lebih maju dan berkembang lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com