Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Negara Ikut Festival Budaya Asia Pasifik di Purwakarta

Kompas.com - 01/09/2014, 19:41 WIB
PURWAKARTA, KOMPAS — Ribuan orang memadati Festival Budaya Asia Pasifik 2014 yang menjadi puncak perayaan ulang tahun ke-183 Purwakarta dan ke-46 sebagai Kabupaten Purwakarta. Perwakilan kelompok kesenian dari 13 negara memeriahkan festival yang digelar di pusat kota Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/8/2014) malam.

Festival Budaya Asia Pasifik ini adalah penutup rangkaian berbagai macam acara dalam satu bulan terakhir. Sebelumnya digelar Festival Cetok, Parade Bedug, Panggung Nusantara, dan Parade Egrang yang menarik minat masyarakat setiap malam minggu.

Pameran beragam produk khas dari 10 negara juga dipamerkan dalam Bazar Seni Budaya di Alun-alun Kiansantang Purwakarta. Tak hanya itu, beragam jenis kesenian mancanegara juga ditampilkan, di antaranya Parade Kilas Pahlawan dari Malaysia, Parade Suku Isan dari Thailand, hingga banyak tarian khas India.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, festival seni dan budaya antardaerah di Indonesia dan bangsa di dunia ini diharapkan menjadi semangat banyak pihak untuk terus berkarya. Seni dan budaya diyakini menjadi keunggulan dan kebanggaan semua orang jika dikembangkan dengan baik.

Khusus untuk Purwakarta, Dedi berharap kegiatan ini bisa memperkenalkan daerahnya guna memicu kesejahteraan masyarakat.

Dimulai pukul 20.30, ribuan warga antusias menyambut beragam acara yang ditampilkan. Tak sedikit yang menunggu sejak tiga jam sebelumnya. Ernawati (35), warga Jatiluhur, mengatakan, ia tak ingin ketinggalan mendapatkan tempat paling depan. Ia penasaran dengan penampilan artis dari berbagai macam negara yang sejak beberapa terakhir mengunjungi Purwakarta.

”Ternyata tak rugi datang ke sini. Selain tahu banyak tentang kesenian dari negara lain, saya sekalian wisata gratis,” kata Ernawati yang tiba sejak pukul 19.00 bersama lima tetangganya.

Hasan Anwar (40), warga Negeri Kidul, Purwakarta, juga berharap acara ini bisa digelar lagi. Dalam festival ini, ia untuk pertama kalinya melihat kereta kuda kencana. ”Semoga semakin banyak orang yang datang ke Purwakarta. Entah itu wisatawan atau investor yang bisa mendatangkan banyak kesempatan bekerja,” katanya. (CHE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com