Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak Acara Internasional, Target Kunjungan Wisman Dapat Tercapai

Kompas.com - 02/09/2014, 10:00 WIB
Kontributor Travel, Sri Noviyanti

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Sektor pariwisata Indonesia berhasil mempertahankan laju pertumbuhan yang tinggi dalam peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers bulanan tentang statistik kunjungan wisman serta kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif, di Jakarta, Senin (1/9/2014).

"Kunjungan wisman periode Januari hingga Juli 2014 atau semester 1 tercatat mencapai 5,32 juta atau meningkat 9,37 persen dibanding periode yang sama pada 2013," ungkap Mari.

Menurut Mari, peningkatan ini membuatnya optimis pada pencapaian target kunjungan wisman tahun 2014 yaitu angka 9,3 juta hingga 9,5 juta dapat terlampaui.

"Dengan sisa waktu ke depan terhitung Agustus, kami optimis laju pertumbuhan kunjungan wisman tiap bulannya akan tetap tinggi karena umumnya jumlah kunjungan di semester 2 memang lebih tinggi dibanding semester 1," tambahnya.

Dalam kesempatan itu pula, ia mengatakan bahwa ada beberapa acara internasional di Indonesia yang akan berkontribusi pada kunjungan wisman terhitung Agustus.

Gelaran tersebut antara lain, Bali International Choir Festival, Dreamfields Music Festival di GWK Bali, Asian Fashion Week di Surabaya, Indonesia Marine & Offshore Expo di Batam, dan Global Forum of the United Nations Allance of Civilization (UNAOC) di Bali. Sementara itu di bulan Oktober ada Ubud Writers & Reades Festival di Bali serta gelaran Jakarta Marathon 26 Oktober mendatang.

"Bila tercapai target hampir mendekati 10 juta bisa dijadikan sebagai dasar dalam menentukan pertumbuhan pada lima tahun ke depan pada era pemerintahan baru," tambah Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com