Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cikapundung, Surganya Barang Antik

Kompas.com - 08/09/2014, 09:28 WIB
Dhanang David Aritonang

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - “Old but gold”, ungkapan tersebut nampaknya cocok untuk menggambarkan bagaimana berharganya sebuah barang antik. Ada kepuasan tersendiri bagi kolektor, ketika ia telah mendapatkan barang antik “buruannya”.

Bagi kolektor, yang rata-rata telah lanjut usia, Seni dan Antik di lantai 3 Cikapundung Elektronic Center (CEC), Bandung, bisa menjadi surga yang tepat untuk berburu barang zaman dulu (jadul) tersebut.

Beberapa penjual dan pembeli yang terlihat sibuk tawar menawar harga. Sebagian dari pembeli sudah nampak beruban dan cukup tua. Meski demikian, usia bukan menjadi hambatan untuk tetap menggeluti hobi mereka sebagai kolektor barang antik.

Pasar Seni dan Antik ini terdiri dari kios-kios yang tertata rapi. Beberapa barang seperti lampu-lampu antik, radio jadul, kursi-kursi bekas, piringan hitam, dan barang-barang pajangan dijual dengan harga variatif. Seperti contohnya, sebuah lampu antik dapat dihargai sekitar Rp 200.000 dan satu set piringan hitam dari grup band Bee Gees bisa dihargai sebesar Rp 1.500.000.

“Sebenarnya ini dari hobi mengoleksi juga, kemudian jadi berjualan barang-barang antik ini,” tutur Dado, salah satu penjual barang antik.

Kurang lebih, sudah setahun Dado menjalani usaha berjualan barang antik. Dado berburu barang-barang antik dari pengepul dan beberapa kenalannya. Ada beberapa barang yang sengaja untuk dikoleksi, dan ada juga yang untuk dijual.

“Setiap barang yang dijual seakan menyimpan cerita dari masa lalu. Contohnya seperti lampu antik ini, kita bisa mengetahui bagaimana kisah pemilik pertamanya dari cerita penjual-penjual sebelumnya,” tutur Dado sambil menunjuk salah satu koleksi lampu antik dagangannya.

KOMPAS.COM/DHANANG DAVID ARITONANG Salah satu mural yang dilukis di dinding Pasar Seni dan Antik Cikapundung, Bandung, Jawa Barat.
Beberapa barang di sini rata-rata berasal dari luar negeri seperti Jerman, Belanda, dan Inggris. Jika beruntung, pembeli dapat menemukan barang antik yang masih dapat berfungsi dengan baik. Tentu saja pembeli juga harus pintar dan jeli dalam menawar barang.

Dado menjelaskan, selain berjualan, dirinya juga menerima sistem barter dengan pembeli. Jika merasa barang memiliki harga yang setara, tentunya dia rela menukarkan barang antik kepunyaannya dengan barang lainnya. Transaksi pun jual beli pun juga berlaku antara sesama penjual di kios-kios tersebut.

“Menurut saya ini merupakan pekerjaan yang menyenangkan, di mana kita bisa menjual barang sekaligus berdiskusi dengan sesama kolektor barang antik,” ucap Dado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com