Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Tiongkok ke Bali Meningkat 45,78 Persen

Kompas.com - 09/09/2014, 13:36 WIB
DENPASAR, KOMPAS.com - Wisatawan Tiongkok menikmati liburan wisata ke Bali sebanyak 330.172 orang selama tujuh bulan periode Januari-Juli 2014, meningkat 45,78 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya tercatat 226.494 orang.

"Peningkatan yang signifikan itu menjadikan Tiongkok naik peringkat menempati urutan kedua terbanyak memasok turis ke Bali setelah Australia," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, Panasunan Siregar di Denpasar, Minggu (7/9/2014).

Panasunan mengatakan, Negara Tirai Bambu yang tadinya berada pada peringkat kelima kini berhasil melampaui Malaysia dan Jepang.

Dengan demikian Tiongkok mampu memberikan kontribusi sebesar 15,80 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali sebanyak 2,06 juta orang.

Panasunan Siregar menjelaskan, sebagian besar wisatawan Tiongkok itu datang melalui Bandara Ngurah Rai dengan menumpang pesawat yang terbang langsung dari negaranya. "Hanya 43 orang yang tercatat melalui pelabuhan laut dengan menumpang kapal pesiar," katanya.

Pengamat Pariwisata Bali, Tjokorda Gde Agung menambahkan, Bali belakangan ini menjadi daerah favorit bagi wisatawan Tiongkok karena masyarakat negeri itu terutama generasi mudanya semakin ramai ke Pulau Dewata.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Siswi sekolah dasar berlatih menari di sela-sela acara pemberian beasiswa secara simbolik oleh Bank International Indonesia di Wantilan Kertayasa, Desa Bona, Kecamatan Belahbatu, Gianyar, Bali, Sabtu (15/6/2013).
Selain turis Tiongkok, masyarakat internasional secara keseluruhan juga bertambah yang melakukan perjalanan wisata ke Bali selama tujuh bulan pertama 2014 sebesar 16,66 persen dari 1,79 juta orang menjadi 2,08 juta orang.

Faktor utama yang mendorong peningkatan kunjungan wisman antara lain, rasa aman dan nyaman, keunikan seni budaya Bali serta adalah pembangunan infrastruktur di berbagai lokasi seperti jalan Tol Bali Mandara, sehingga kemacetan lalu lintas dan polusi berkurang.

Selain itu berhasilnya pelaksanaan pertemuan pemimpin dunia dalam APEC 2013, dan hal itu memberikan berdampak positif pada pertumbuhan kunjungan wisman ke Bali.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah informasi peningkatan pendapatan turis asal Australia memberikan kesempatan lebih besar untuk berwisata ke Pulau Dewata. Demikian juga kondisi perekonomian Asia mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com