Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi MICE Lebih Besar daripada Wisata

Kompas.com - 12/09/2014, 16:04 WIB
PADANG, KOMPAS — Indonesia Corporate Meetings & Incentives Travel Mart Ke-7 di Padang, Sumatera Barat, 10-13 September 2014, mempertemukan industri pengguna dan penyedia jasa meeting, incentive, convention, and event. Pertumbuhan MICE di Indonesia sangat baik.

”ICMITM (Indonesia Corporate Meetings & Incentives Travel Mart) sangat penting dilakukan karena memberikan informasi dan alternatif bagi korporasi yang akan melakukan pertemuan atau insentif bagi karyawan atau koleganya,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar saat jamuan makan malam pembukaan ICMITM, Rabu (10/9/2014), di Padang.

Dalam pertemuan itu, sekitar 80 pembeli potensial dari 73 korporasi multinasional bertemu dengan 60 penyedia jasa MICE dan pariwisata di Indonesia.

Menurut Sapta, MICE, yang termasuk dalam minat khusus di Kemenpar dan EK, menunjukkan perkembangan yang sangat baik. ”Transaksi hasil dari MICE tiga kali lipat dibandingkan wisata biasa,” kata Sapta.

Dia mencontohkan, transaksi wisata pada 2013 sebesar 10 miliar dollar AS atau sekitar Rp 110 triliun. Dari jumlah itu, 30-40 persen dihasilkan dari MICE.

”MICE tidak hanya menghidupkan hotel, restoran, dan pusat oleh-oleh, tetapi juga menghidupkan usaha fotokopi, alat tulis, air minum kemasan, cendera mata, dan sebagainya. Banyak juga orang-orang yang main golf setelah rapat,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenpar dan EK Esthy Reko Astuty mengatakan, ICMITM mendorong promosi potensi wisata daerah. Kali ini Provinsi Sumatera Barat mendapat kesempatan memperkenalkan potensi daerahnya. Selain itu, diperkenalkan pula potensi Kota Padang, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Tanah Datar.

Sebelumnya ICMITM sudah dilakukan di Denpasar, Yogyakarta, Lombok, Manado, Medan, dan Semarang.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, Padang, yang sebelumnya sempat lumpuh karena gempa tahun 2009, kini sudah siap menyambut penyelenggaraan MICE di wilayahnya. ”Hotel, transportasi, bandara, semuanya sudah siap. Kami juga memiliki keindahan alam, budaya, dan kuliner yang sudah sangat terkenal,” ujarnya. (ARN/ZAK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com