Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Persen Orang Indonesia Berwisata Pakai Pesawat

Kompas.com - 13/09/2014, 14:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Data Kementerian Perhubungan menunjukkan, tahun lalu 70 juta orang Indonesia melakukan perjalanan baik di dalam maupun luar negeri. Dari masyarakat yang berpergian 40 persennya menggunakan pesawat sebagai transportasi.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menilai seiring pertumbuhan perekonomian di dalam negeri, potensi pasar pariwisata semakin diminati. Hal itu pun berdampak pada pertumbuhan peminat wisatawan yang menggunakan pesawat, baik asing maupun lokal yang berperg

"Industri udara bagi ruang kita masih sangat potensial," ujar Bambang di pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair 2014 di JCC, Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Bambang menjelaskan, dibandingkan negara maju, masyarakat yang bepergian di atas 100 persen dibagi jumlah orang. Menurut Bambang jika satu orang di negara maju melakukan berpergian lebih dari sekali, maka negara tersebut bisa didorong perekonomian melalui konsumsi perjalanan.

"Tidak hanya pariwisata, sosial ekonomi budaya juga akan berkembang," ungkap Bambang.

Bambang menambahkan dengan adanya 237 bandara, banyak yang belum diterbangi dan dioperasikan maksimal. Untuk itu Bambang berharap untuk maskapai Garuda Indonesia bisa mengembangkan destinasi terutama untuk wisatawan.

"Garuda bisa memilih rute potensial yang diterbangi, semua rute eksotik mulai diterbangi, dari Komodo, Endo, dan Sumba," kata Dirut PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com